• Berita Terbaru

    December 03, 2013

    elnusanews/com December 03, 2013

    SULUT Terima LAKIP Terbaik Tahun 2013

    WAGUB DR Djouhari Kansil (tengah) usai menerima penghargaan LAKIP terbaik 2013 dari Wapres RI Boediono, Senin (2/12). Kansil saat itu didampingi oleh Asisten III SETDAPROV SULUT Watung SH, KARO ORPEG SETDAPROV SULUT Jemmy Ringkuangan AP MSi, KABAN Perwakilan SULUT di Jakarta Jemmy Kuhu, Ketua Komisi I DEPROV SULUT John Dumais dan KABAG Tata Laksana Biro ORPEG Jemmy Kumendong.(foto: ist)



    Jakarta—Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo H Sarundajang dan Wakil Gubernur DR Djouhari Kansil MPd serta Sekretaris Provinsi (SEKPROV) Ir SR Mokodongan yang tetap konsisten dalam menerapkan tata pemerintahan yang baik di jajaran Pemprov Sulut, berbuah manis di penghujung tahun 2013 ini.

    Buktinya, PEMPROV SULUT menerima penghargaan Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (LAKIP) terbaik dari Wakil Presiden RI Prof DR Boediono, yang diterima oleh WAGUB SULUT Djouhari Kansil, di Istana Wakil Presiden di Kebon Sirih Jakarta, Senin (2/12) kemarin.

    Penghargaan LAKIP terbaik ini berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB) pada tahun ini, dimana PEMPROV SULUT mendapatkan nilai 65,45. Nilai ini mengalami kenaikan dari penilaian tahun 2012 lalu yakni 60,54. Maka dengan pencapaian nilai di tahun 2013 tersebut, menghantarkan PEMPROV Sulut “naik kelas” dari pemerintah provinsi dengan kategori CC ke kategori B.

    Hal ini juga menjadi nilai terbaik yang diperoleh PEMPROV SULUT dari 9 daerah provinsi yang menerima LAKIP secara langsung oleh Wapres Boediono, yaitu masing-masing DI Jogjakarta, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kepulauan Riau.

    WAPRES dalam sambutannya menekankan, bahwa aspek penting dalam pembangunan bangsa adalah juga pembangunan institusi pemerintahan. "Kemajuan bangsa kita tidak terlepas dari “the quality of the institutions” (kualitas kelembagaan) yang kita miliki. Oleh karena itu evaluasi terhadap akuntabilitas institusi terutama institusi pemerintah semata-mata adalah untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan institusi yang efektif, efisien namun kokoh,” ungkap Boediono.

    Sementara itu, WAGUB Kansil seusai acara mengatakan, penghargaan yang diperoleh PEMPROV SULUT ini adalah buah dari kerja keras aparat pemerintah provinsi dan komitmen mewujudkan pemerintahan yang baik di Bumi Nyiur Melambai.

    "Ini adalah buah dari upaya kita semua dan wujud komitmen pak Gubernur DR. S.H. Sarundajang dan saya dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan baik serta berwibawa,” tegas Kansil yang saat itu turut juga didampingi oleh Asisten Administrasi Umum SETDAPROV SULUT Nixon Watung SH, Kepala Biro (KARO) Organisasi dan Kepegawaian (ORPEG) SETDAPROV Jemmy Ringkuangan AP MSi, Kepala Badan Perwakilan Sulut di Jakarta Jemmy Kuhu dan KABAG Tata Laksana DR. Jemmy Kumendong beserta Ketua Komisi 1 DEPROV SULUT John Dumais sebagai mitra kerja PEMPROV SULUT di bidang terkait.

    Ditambahkan oleh KARO ORPEG SETDAPROV Sulawesi Utara Jemmy Ringkuangan, bahwa Tahun 2014 mendatang, pihak pemerintah kabupaten dan kota yang ada di SULUT harus mampu memacu kinerja pemerintahannya karena akan menjadi target penilaian dari KEMENPAN-RB.

    “Setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah yang ada di setiap pemerintahan, wajib menyusun laporan kinerja secara baik sesuai aturan serta menata struktur dan kultur organisasi dan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, ini akan menjadi item penilaian penting dalam penilaian LAKIP di provinsi ini pada tahun 2014 nanti,” pungkas Ringkuangan.(sonny)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SULUT Terima LAKIP Terbaik Tahun 2013 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top