• Berita Terbaru

    April 21, 2014

    elnusanews/com , , April 21, 2014

    2015 Sulut Jadi pilot Projek SAPBA

    MANADO,Elnusanews.Com – PEMPROV SULUT saat ini semakin dituntut untuk bisa menghasilkan laporan pengelolaan keuangan daerah yang memiliki nilai akuntabilitas dan transparan tinggi.

    Untuk dapat menghasilkan laporan tersebut maka Pemerintah Provinsi SULUT selama lima hari menggodok para PPTK, bendahara dan Satker SKPD dilingkungan Pemprov SULUT untuk mengikuti workshop penerapan standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual (SAPBA).

    Kegiatan yang digelar Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Provinsi SULUT, telah dibuka SEKPROV SULUT Ir. Siswa R Mokodongan yang diwakili Kepala BPKBMD Praseno Haddy SE AK, di Hotel Arya Duta manado, Senin (21/4) kemarin.

    Kegiatan yang turut dihadiri Kepala BPKP Perwakilan SULUT Adil Hamonangan Simanjuntak serta pejabat terkait lainnya.

    Menurut Mokodongan, penerapan SAPBA, menjadi semakin penting dan sangat diperlukan, mengingat selama ini pengelolaan dan penatausahaan administrasi keuangan cenderung masih belum tertata dan terpola dengan baik.

    “Hal ini ditandai dengan masih banyaknya unsur-unsur laporan keuanganyang belum dapat disajikan dengan baik sebagaimana diamanatkan peraturan dan perundang-undanganyang berlaku,” kata Mokodongan.

    Untuk itu Mokodongan, minta kegiatan ini kiranya akan menjadi jawaban solutif bagi perbaikan dalam pengembangan, penyusunan dan penyajian laporan keuangan SKPD dilingkungan PEMPROV SULUT, sembari berharap, dengan adanya penerapan standar akuntansi pemerintah (PSAP) ini, maka setiap SKPD akan mampu menyusun laporan keuangan yang meliputi kebijakan akuntansi pelaporan keuangan dan kebijakan akuntansi akun  sebagaimana diatur dalam Permendagri No. 64 Tahun 2013 Tentang penerapan akuntansi pemerintahan berbasis akrual pada PEMPROV dan juga melakukan pembenahan manajemen keuangan, karena paling lambat Tahun 2015 PEMPROV akan menjadi pilot projek SAPBA, kunci putra terbaik bumi totabuan. (tim)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 2015 Sulut Jadi pilot Projek SAPBA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top