• Berita Terbaru

    April 02, 2014

    elnusanews/com , April 02, 2014

    Minimalisir SPIP, Wagub Minta Kepala SKPD Pemprov Lakukan Pengawalan Internal

    MANADO, Elnusanews.Com - Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, mengingatkan, para Kepala SKPD dilingkungan Pemprov Sulut untuk terus melakukan pengawasan internal setiap minggu di masing-masing SKPD.
    Menurut Wakil Gubernur hal itu penting dilakukan untuk meminimalisir kekurang pahaman pegawai terhadap penerapan unsur-unsur sistem pengendalian internal pemerintahan (SPIP), terutama bagi mereka yang dipercayakan sebagai bendahara, PPK maupun PPTK. Hal itu disampaikan Wagub saat memimpin pertemuan hasil pemeriksaan pendahuluan BPK, yang berlangsung di Kantor Ispektorat Provinsi, Rabu (2/4) kemarin.
    Kegiatan yang di ikuti seluruh pimpinan SKPD, serta dihadiri Sekprov Ir. Siswa Mokodongan, Inspektur Dr. Mecky M Onibala MSi serta Kaban BPK- BMD Praseno Haddy SE AK. Mengingat saat ini BPK masih akan melakukan pemeriksaan lanjutan selama dua bulan, diharapkan semua dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan maupun fisik, kiranya dapat disiapkan secara lengkap dan utuh agar tidak menghambat dalam pemeriksaan nanti, jelas Kansil. Selain itu untuk mempercepat implementasi SPIP kiranya saudara (Kepala SKPD) mampu membuat pedoman SPIP yang mudah dipahami dan diterapkan serta dapat disosialisasikan secara menyeluruh kepada pimpinan dan para pegawai. Disamping prosedur penetapan dokumen pelaksanaan anggaran lanjutan (DPAL) harus sesuai dengan ketentuasn yang berlaku, karena diakui penetapan DPAL sering terjadi kesalahan mekanisme pertanggungjawaban, ujarnya.

    Sementara Inspektur Provinsi Mecky Onibala memohon perhatian dari teman-teman di SKPD untuk segera menindaklanjuti hasil temuan pemeriksaan pendahulan oleh BPK ini, harap Onibala sembari menyampaikan perkataan mohon maaf apabila hasil temuan ini tidak ditindaklanjuti maka SKPD yang bersangkutan akan bermasalah dengan aparat pemeriksa BPK. (Tim)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Minimalisir SPIP, Wagub Minta Kepala SKPD Pemprov Lakukan Pengawalan Internal Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top