• Berita Terbaru

    July 06, 2024

    elnusanews/com July 06, 2024

    Waspadai Penyakit DBD Saat Musim Penghujan, Lakukan Pencegahan 3 M


    Minsel, Elnusanews.com-Memasuki musim penghujan beberapa pekan terakhir, masyarakat patut mewaspadai beberapa hal. Selain banjir ada lagi yang perlu kita waspadai di musim hujan ini yaitu masalah Demam Berdarah Dengue atau DBD. 

    Maka dari itu mengantisipasi penyakit DBD musim penghujan ini Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan melalui Kepala Dinas Kesehatan Dokter Wiwin Opod, kembali menghimbau masyarakat untuk waspada serta melakukan tindakan pencegahan DBD dengan melakukan 3 M yaitu :

    1.Menguras dan membersihkan tempat penampungan air secara rutin.

    2.Menutup rapat-rapat tempat penampungan air.

    3.Mendaur ulang/memanfaatkan barang-barang yang dapat menampung air hujan.

    Serta tindakan pencegahan lainnya seperti mengganti air misalnya di vas bunga, mengecek tatakan dispenser dan kulkas, membersihkan saliran air, memakai kelambu atau memasang kawat kasa di ventilasi agar nyamuk tidak masuk kamar atau ruangan. 

    Adapun menurut Dr Wiwin Tindakan fogging bukan penangan dan pencegahan utama, karena tindakan fogging hasilnya tidak signifikan, bahkan akan membuat nyamuk resisten (kebal dan tidak mati karena fogging), serta dapat mencemari lingkungan.

    Selain itu fogging memang membunuh nyamuk dewasa tetapi tidak berpengaruh pada jentik nyamuk yang menjadi sumber masalah utama.


    (Ct).

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waspadai Penyakit DBD Saat Musim Penghujan, Lakukan Pencegahan 3 M Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top