• Berita Terbaru

    November 08, 2013

    elnusanews/com , November 08, 2013

    Pembangunan Olahraga di Minahasa Harus Diperkuat

    Ketua DPD KNPI Minahasa, Jemmy Ringkuangan AP MSi

    POTENSI olahraga yang begitu besar yang dimiliki oleh Kabupaten Minahasa, hingga saat ini masih belum dikelolah dengan maksimal oleh pemerintah. Bahkan terkesan ada "pembiaran" dari segi pembinaan atlit-atlit yang telah ada, dan telah memiliki prestasi cukup tinggi.

    "Pemerintah yang ada di Minahasa saat ini, harus lebih peka, dan harus memiliki visi pembangunan di bidang keolahragaan yang kuat. Sebab, potensi olahraga yang ada di daerah ini begitu besar dan bisa dijadikan salah satu bidang andalan untuk mengangkat Minahasa ke taraf nasional dan internasional," tukas Ketua DPD II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa, Jemmy Ringkuangan AP MSi.

    Dirinya juga menyatakan, Minahasa bahkan memiliki potensi olahraga dirgantara yang sangat besar, dengan adanya spot alam yang luar biasa, tepatnya di wilayah Desa Kaweng Kecamatan Kakas, dan sekitarnya.

    "Akan tetapi, ini tidak ditunjang oleh fasilitas dan infrastruktur yang memadai. Padahal, spot ini sangat-sangat cocok untuk olahraga dirgantara seperti paralayang, paraglinding dan paramotor layang," jelasnya.

    Ringkuangan juga mencontohkan, bahwa Kejuaraan Nasional (KEJURNAS) Paralayang yang akan dibuka hari, Sabtu (9/11), di Desa Kaweng Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa.

    "Kegiatan ini mendapat respon dan dukungan yang luar biasa dari pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA). Bahkan, dari prediksi jumlah peserta, terjadi pembludakan yang mencapai ratusan dengan asal daerah hampir dari seluruh Indonesia. Antusias peserta begitu besar," tutur Ringkuangan yang juga Ketua Lembaga Karate Indonesia (LEMKARI) Sulut.

    "Hal-hal seperti ini yang harus mendapat perhatian ekstra dari pemerintah daerah, untuk pembangunan olahraga dan pemuda di Minahasa. Sebab, masih banyak potensi olahraga yang besar dan bisa menjadi andalan di Minahasa," sambungnya.

    Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Minahasa yang dikonfirmasi terkait hal ini melalui Sekretaris Kabupaten (SEKAB) Minahasa, Jefry Korengkeng SH MSi mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan serta menginventarisir potensi olahraga yang ada di Minahasa dan kemudian akan mendapat dukungan penuh melalui APBD Minahasa mulai tahun anggaran 2014 nanti.

    "Kita akan berupaya dengan mendata potensi olahraga melalui cabang-cabang olahraga yang memiliki potensi prestasi yang besar. Nah itu yang kita angkat. Kami pasti akan memperkuat pembangunan olahraga di Minahasa, tentu dengan mendapat dukungan anggaran melalui APBD, untuk pembinaan olahraga itu sendiri," jelas Korengkang.(sonny)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembangunan Olahraga di Minahasa Harus Diperkuat Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top