• Berita Terbaru

    February 12, 2024

    elnusanews/com February 12, 2024

    Puluhan KK Warga Bitung Barat Dua Kini Nikmati Air Bersih


    BITUNG, Elnusanews - Puluhan kepala keluarga (KK) di Kelurahan Bitung Barat Dua, Kecamatan Maesa, tepatnya di daerah Kolombo Kamiri dan Kolombo Perjuangan, patut bergembira. Mereka kini sudah bisa menikmati layanan air bersih dari Perumda Air Minum Duasudara.

    Puluhan KK ini mulai menikmati layanan air bersih sejak tengah pekan lalu. Pemasangan sambungan baru dilakukan atas fasilitasi Syam Panai, salah satu tokoh masyarakat di Kecamatan Maesa. Hingga Sabtu (10/2/2024), pemasangan masih berlanjut.

    Masuknya layanan air bersih di wilayah itu menjadi jawaban atas penantian panjang warga. Sebelumnya, kurang lebih 15 tahun terakhir masyarakat di Kolombo tak menikmati layanan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka terpaksa harus membeli air dari pihak ketiga.

    “Sebelum ini cuma beli air tong. Dalam satu minggu bisa dua sampai tiga kali membeli. Itu pun harus dihemat supaya tidak banyak pengeluaran,” ujar Wenli Rantung, salah satu warga di Kolombo Kamiri.

    Wenli sangat bersyukur dengan masuknya layanan air bersih di wilayah permukimannya. Ia mengaku mendapat kemudahan dan keuntungan dari situasi itu. Pasalnya dibanding warga yang lain, kebutuhan air di rumahnya lumayan lebih banyak. Hal itu dikarenakan ia memiliki usaha tempat pengasapan ikan.

    “Kalau saya bukan hanya untuk mandi dan minum saja. Saya punya usaha tempat fufu ikan jadi kebutuhan saya lebih banyak. Makanya karena sekarang air sudah masuk, ini bisa mengurangi pengeluaran saya,” tukasnya dengan semringah.

    Syam Panai selaku fasilitator juga ikut senang dengan kondisi itu. Ia pun membeber ihwal kepeduliannya membantu warga di sana. Menurut dia, hal itu bermula dari keluhan yang diterimanya dari masyarakat.

    “Mereka menyampaikan keluhan sekaligus meminta bantuan. Saya langsung merespons dan menghubungi Perumda Air Minum Duasudara. Setelah itu saya daftarkan mereka dan menunggu proses pemasangan,” ungkapnya.

    Syam pun menyampaikan terima kasih ke Alfred Salindeho selaku Direktur Perumda Air Minum Duasudara. Ia mengapresiasi gerak cepat yang ditunjukkan dalam menindaklanjuti permintaan warga. Saat ini kata dia, total 74 KK di Kolombo Kamiri dan Kolombo Perjuangan sudah menikmati air bersih.

    “Saya harus berterima kasih ke Pak Direktur dan seluruh jajarannya. Karena ternyata proses ini tidak memakan waktu lama. Buktinya sekarang warga sudah mendapatkan pelayanan air dari Perumda Air Minum Duasudara,” ucapnya.

    Terkait hal ini, Alfred Salindeho memberikan keterangannya. Ia menyebut yang dilakukan pihaknya adalah bagian dari tugas dan tanggung jawab yang diemban. Ia pun menjamin Perumda Air Minum Duasudara akan terus membuka diri untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

    “Itu memang tugas kita, memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk menikmati layanan air bersih. Semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati layanan kami, itu semakin bagus,” katanya.

    Alfred berharap kedepan jangkauan pelayanan air bersih di masyarakat semakin meluas. Untuk itu, bagi masyarakat yang hingga kini belum menikmati layanan air bersih, ia mempersilahkan untuk menghubungi Perumda Air Minum Duasudara. Ia memastikan sumber daya yang dimiliki perusahaan masih sangat banyak.

    “Tidak perlu ragu sumber air kita terbatas. Saya pastikan sumbernya tersedia. Kami siap melayani kebutuhan masyarakat maupun kalangan industri. Sepanjang semua persyaratannya terpenuhi, pasti kami proses,” tandasnya.

    Sebelumnya, pemasangan sambungan baru bagi masyarakat sudah dilaksanakan di dua tempat. Pertama di Kelurahan Bitung Tengah, Kecamatan Maesa, tepatnya di kompleks RSU Pratama Bitung, kedua di Kelurahan Wangurer Barat, Kecamatan Madidir. Dengan begitu, jika diakumulasi keseluruhan pemasangan sambungan baru untuk awal tahun ini, totalnya mencapai ratusan sambungan. (*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Puluhan KK Warga Bitung Barat Dua Kini Nikmati Air Bersih Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top