• Berita Terbaru

    July 27, 2014

    elnusanews/com , , July 27, 2014

    BLH Minsel Siap Tindak Pencemaran DAS Ranoyapo

    AMURANG, Elnusanews – Keluhan sejumlah warga terkait dugaan telah tercemarnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Ranoyapo, akibat pengoperasian tambang di kawasan perkebunan Desa Tokin dan Karimbow, Kecamatan Motoling Timur. Menjadi atensi baru bagi Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Minahasa Selatan. Pasalnya instansi tersebut, akan segera melakukan pengkajian dalam waktu dekat ini.
    “Kami akan melakukan kajian, kalau terbukti pasti ada sangsi,” tegas Kepala BLH Minsel, Esry Wowor, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan sehubung dengan dugaan tercemarnya DAS Ranoyapo.
    Kecurigaan tercemarnya DAS tersebut, sebelumnya telah disuarakan tokoh masyarakat Minsel, Venty S Nayoan. “Kami curiga DAS Ranoyapo telah tercemar limbah yang bersumber dari tambang emas di wilayah Motoling Timur,” ujarnya.
    Oleh karenanya, Nayoan meminta instansi terkait segera melakukan pengujian. Mengingat DAS Ranoyapo, mengaliri persawahan dan kolam untuk memelihara ikan air tawar. Selain itu, juga digunakan sebagai sumber air bersih PDAM.  
    “Memang untuk saat ini dampak dari pencemaran belum langsung dirasakan, namun ini bisa dirasakan beberapa tahun ke depan, dan paling fatal dampaknya akan dinikmati oleh anak cucu atau generasi yang akan datang,” terang Nayoan. 
    Selanjutnya, dirinya pun mengkuatirkan limbah dari pertambangan tersebut akan berpengaruh pada pencemaran pantai Amurang. “Belum lagi limbah yang dari DAS Ranoyapo itu bermuara di teluk Amurang, dampaknya akan terjadi pencemaran di pantai Amurang,” tandasnya. (OJR)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BLH Minsel Siap Tindak Pencemaran DAS Ranoyapo Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top