• Berita Terbaru

    September 11, 2020

    elnusanews/com September 11, 2020

    FABIAN KALOH : Kunci Sukses Pemimpin Adalah Kepemimpinannya


    DEPROV,Elnusanews -- Kepemimpinan itu inheren pada diri pemimpin bahkan menjadi karakter personal setiap orang. Hal ini diungkapkan legislator DPRD Sulut Fabian Kaloh, kepada wartawan, Jumat (11/09/20) siang.

    Menurut politisi PDI Perjuangan Sulut ini, ketika banyak orang bicara soal berbagai kesuksesan dari para Calon Kepala Daerah dengan segudang pujian dan sanjungan pada kandidatnya, mereka kadang lupa bahwa kunci sukses seorang pemimpin itu adalah kepemimpinannya.

    "Baguslah karena kali ini ada beberapa Calon Kepala adalah pemimpin, atau pernah memimpin di daerah, karena itu melihat dan mengkaji kemampuan mereka tidak perlu mengunakan metode atau pisau analisa yang sofistikate, sebab sudah kasat mata kinerja mereka. (Minimal 5 atau bahkan 10 tahun terakhir ini)," kata Kaloh.

    Diungkapkan Kaloh, hal yang mendasar yang patut kita “soroti” keberhasilan kepala daerah itu adalah soal harmonisasi hubungan kerja Kepala Daerah dan Wakilnya.

    "Kepala Daerah yang sukses adalah kepala daerah yang mampu mempertahankan hubungan baiknya dengan wakil kepala daerah. Ini penting, sebab bohong kalu ada yang bilang kepala daerah itu sukses tapi ternyata dengan orang terdekatnya saja dia tidak mampu menjaga dan memelihara harmonisasi hubungan kerjanya," beber mantan birokrat handal Kota Bitung ini

    Lanjut Kaloh, Siapa yang salah jika terjadi keretakan atau konflik tersebut ?, jawabannya sederhana. Mereka yang mengaku kepala dong bukan wakil.

    "Gagal menjaga hubungan kok masih mau membangun hubungan lagi (dengan yang lain) ?, bukankan juga akan berpeluang gagal lagi ?.," tukasnya.

    Kalau karakter kepemimpinan seseorang sudah melekat pada dirinya kata Kaloh, sudah sangat pasti dengan siapapun pasangannya, agak sulit dia memiliki karakter baru dalam memimpin.

    "Jadi pilihlah pemimpin yang mampu menjaga harmonisasi hubungan dengan wakilnya, karna itu modal dasar suksesnya seorang Kepala Daerah (seorang Pemimpin)," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: FABIAN KALOH : Kunci Sukses Pemimpin Adalah Kepemimpinannya Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top