• Berita Terbaru

    December 07, 2020

    elnusanews/com December 07, 2020

    IKP Sulut Tinggi, Berikut Penjelasan Ferry Liando dan Jerry Sumampouw


    MANADO,Elnusanews -- Ranking Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) Sulawesi Utara (SULUT) di tahun 2020 tertinggi dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia yakni, 87,43 

    Hal tersebut sebagaimana terungkap dalam Media Gathering Bawaslu yang bertemakan Publikasi TPS Rawan, Publikasi Indeks Kerawanan Pemilihan dan data Canvassing Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Provinsi Sulut, Senin (7/12/20) siang.

    Dalam pemaparan yang disampaikan oleh narasumber Jerry Sumampouw dan Ferry Daud Liando, dimensi pemutakhiran IKP Pilkada 2020 terbagi atas empat dimensi.

    "Empat dimensi yaitu, konteks sosial politik meliputi keamanan, otoritas penyelenggara pemilu dan relasi kuasa ditingkat lokal. pemilu yang bebas dan adil meliputi, hak pilih, pelaksanaan pemungutan suara, pengawasan pemilu. Untuk kontestasi meliputi praktik politik uang dan, partisipasi meliputi, partisipasi pemilih, partisipasi partai politik serta partisipasi publik," jelas Jerry Sumampouw.

    Sementara itu, pengamat kepemiluan Ferry Daud Liando memaparkan mengenai konteks pilkada di tengah pandemi covid19, dimana ada 3 indikator kerawanan pandemi yakni, penyelenggara pemilihan, perserta pemilihan dan, kondisi daerah.

    " Dalam konteks pilkada ditengah pandemi Covid19 kami memilahnya dalam 3 indikator yakni, penyelenggara pemilihan dimana ada positif CVD, meninggal dunia karena CVD, mengundurkan diri dan melanggar prokes. Bagi perserta pemilihan, positif CVD, melanggar prokes dan menciptakan kerumunan. Sementara untuk kondisi daerah sendiri dilihat dari perubahan status wilayah, lonjakan jumlah orang positif CVD, lonjakan pasien meninggal dunia dan keterbatasan fasilitas kesehatan," beber Liando. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: IKP Sulut Tinggi, Berikut Penjelasan Ferry Liando dan Jerry Sumampouw Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top