• Berita Terbaru

    June 25, 2021

    elnusanews/com , June 25, 2021

    Wali Kota Tomohon Panen Perdana Jagung Manis


    TOMOHON,Elnusanews – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, S.H. melaksanakan panen perdana komoditi holtikultura jagung manis di perkebunan Rano Oki Kelurahan Uluindano, Kecamatan Tomohon Selatan Jumat (25/6).
    Kegiatan ini diprakarsai oleh Tiga Kelompok Tani (Poktan) yakni Poktan Cerdas Sejahtera Kelurahan Lansot, Poktan Sejahtera Kelurahan Tumatangtang Satu dan Poktan Kasih Sejahtera Kelurahan Tumatangtang.

    Caroll Senduk meyampaikan terima kasih atas pelaksanaan panen perdana ini.
    “Dengan harapan kiranya ketiga kelompok tani ini agar terus eksis menanam komoditi holtikultura seperti jagung ini agar supaya terus menerus memanen supaya dapat menjaga stabilitas pertanian di Kota Tomohon,” katanya.
    Senduk menguraikan Kota Tomohon memiliki topografi yang mendatar, bergelombang, berbukit dan bergunung, dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi.
    “Karenanya Kota Tomohon memiliki potensi pertanian yang bervariasi dari padi, jagung, kelapa, sayuran, tanaman hias dan tanaman lainnya,” terang Senduk.
    Bagi Wali Kota, komoditas tanaman jagung sangat potensial.
    Ia lantas menyambut baik kegiatan panen perdana ini yang merupakan tolok ukur dan menjadi pendorong bagi pengurus dan anggota Kelompok Tani Cerdas Sejahtera, Kelompok Tani Sejahtera dan Kelompok Tani Kasih Sejahtera serta menjadi pemicu motivasi bagi kelompok tani lainnya untuk tetap meningkatkan semangat dalam melaksanakan kegiatan usaha pertanian tanaman jagung dalam rangka menjamin pemenuhan kebutuhan pangan demi memperkuat ekonomi masyarakat.

    Mensikapi pertumbuhan jumlah penduduk sektor pertanian sebagai sumber penghasil dan penyedia utama pangan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan yang cukup besar dan terus berkembang dalam jumlah, keragaman dan mutunya.
    “Mengingat besarnya peran tersebut, upaya mewujudkan stabilitas akan pemenuhan kebutuhan pangan bagi seluruh penduduk setiap saat di suatu wilayah menjadi sasaran utama dan memerlukan perhatian dan pemikiran yang dalam, serta upaya yang bersifat menyeluruh,” ucapnya.
    pLanjutnya, Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia untuk kesejahteraan hidup.
    “Hal ini sejalan dengan visi walikota dan wakil walikota tomohon yaitu tomohon maju berdaya saing dan sejahtera, yang diperkuat dengan misi ke-4 yakni memajukan sistem pertanian dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan,” tegasnya.
    Kegiatan usaha pertanian yang dikelola kelompok tani, imbuhnya, merupakan salah satu upaya bersama pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Perikanan dalam meningkatkan ketahanan dan kedaulatan pangan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan hidup para petani dan masyarakat umumnya.

    “Selaku walikota tomohon, saya merasa bangga dapat hadir di tempat ini untuk menyaksikan salah satu keberhasilan kelompok tani dalam bentuk panen perdana komoditi hortikultura jagung manis. Saya terus berharap agar keberhasilan kegiatan kelompok tani ini akan terus berlanjut demi peningkatan kesejahteraan keluarga masing-masing pengurus dan anggota kelompok sebagai bagian dari masyarakat kota tomohon.
    Hadir Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA., Anggota DPRD Noldy Lengkong, Ketua FKUB Kota Tomohon Pdt. Senduk Roeroe, M.Th., Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Steven Waworuntu, SSTP., Camat Tomohon Selatan Stenly Mokorimban SH, Lurah Lansot Henny Bororing, Lurah Tumatangtang Alex Telah, Lurah Tumatangtang Satu, Fransisca Poluakan, Para Pengurus dan anggota kelompok tani.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wali Kota Tomohon Panen Perdana Jagung Manis Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top