• Berita Terbaru

    June 26, 2021

    elnusanews/com , June 26, 2021

    Dukung Program ODSK, DKP Sulut Luncurkan Aplikasi ZPPI - SI NIKE untuk Nelayan

    SULUT,Elnusanews – Nelayan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tak lagi bingung untuk mencari ikan. Pasalnya, mereka akan dimudahkan lewat sebuah aplikasi. Di mana, aplikasi itu untuk memudahkan nelayan menemukan tempat ikan berada.

    Aplikasinya bernama Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI). Inovasi yang dibuat oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut ini bisa diakses melalui website dkpd.sulutprov.go.id. Website ini diresmikan oleh Sekprov Sulut Edwin Silangen melalui Asisten II Praseno Hadi, Jumat (25/6/2021) di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut.

    Diutarakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Tienneke Adam, dengan adanya ZPPI akan membantu para nelayan unuk menemukan ikan.
    “Layanan ini untuk nelayan kecil, menengah maupun besar. Dipermudah menuju ke daerah penangkapan atau fishing ground,” ungkapnya.
    Lanjut dia, nelayan sudah tidak perlu putar-putar mencari lokasi di mana ikan itu berada.
    “Dengan adanya ZPPI ini jadikan nelayan penangkap ikan bukan pencari ikan lagi,” terangnya.
    “Lebih efisien, efektif dan mudah dalam waktu ke lokasi fishing ground,” sambungnya.
    Adapun selain ZPPI, dalam launching ini juga dihadirkan SI-NIKE (Sistem Informasi Kelautan dan Perikanan Terintegrasi).
    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Tienneke Adam menjelaskan aplikasi SI-NIKE didalamnya menunya terdapat e-TDKP (Tanda Daftar Kapal Perikanan) bagi nelayani kecil.
    “Aplikasi ini untuk mendukung program ODSK atau Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan. Para nelayan kecil dilayani secara mudah, secara cepat dan tanpa biaya,” jelas Adam.
    Hal ini untuk menjawab keluhan para nelayan kecil dalam hal pengurusan Tanda Daftar Kapal Perikanan.
    “Apalagi saat ini masih Covid. Jadi sudah seharusnya dalam hal pengurusan tinggal lewat aplikasi. Tidak perlu lagi bertemu secara fisik. Pemilik kapal tak perlu datang jauh-jauh dari kabupaten/kota ke dinas di Kalasey,” terangnya.

    (ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dukung Program ODSK, DKP Sulut Luncurkan Aplikasi ZPPI - SI NIKE untuk Nelayan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top