• Berita Terbaru

    January 31, 2024

    elnusanews/com , January 31, 2024

    Upacara Adat Tulude dan Hut 599 Kabupaten Sangihe Sukses digelar


    Sangihe, Elnusanews- Mangangkat Tema Tampunganglawo mawaige sengkasombo sengkapebuntuang,mamunara lembong pakaikile yang artinya Sangihe tangguh,bangkit bersama,bekerja lebih hebat.perayaan adat Tulude 2024 yang di rangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah  Kabupaten Kepulauan Sangihe Ke 599 Sukses di Gelar,bertempat di Papanuhung Tampunganglawo, Rabu (31/01/2024).

    Tulude pada hakekatnya adalah kegiatan upacara pengucapan syukur kepada Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan yang Mahakuasa) atas berkat-berkat-Nya kepada umat manusia selama setahun yang lalu. Serta melepaskan tahun yang lama dan siap menerima tahun yang baru.


    Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe.dr  Rinny Tamuntuan dalam sambutannya menyampaikan,penyelenggaraan upacara adat Tulude, dilaksanakan setiap tahun seiring dengan perjalanan panjang menyusuri sejarah dan eksistensi daerah Kepulauan Sangihe yang digelar setiap akhir bulan Januari, bersamaan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Daerah.

    Momentum sukacita ini menjadi semakin berharga dan lengkap oleh karena kehadiran dari tamu-tamu kehormatan kita baik dari Pusat, Provinsi maupun Walikota, Bupati se-Provinsi Sulut atau yang mewakili.


    "Atas nama pemerintah dan seluruh komunitas masyarakat adat Sangihe menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas kesediaan bapak/ibu hadirin yang sudah memenuhi undangan kami, semoga kebersamaan yang terbangun pada kesempatan ini akan menjadi sumber inspirasi dan memberi motivasi bagi kami dalam perjuangan berkelanjutan membangun daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai pengawal kedaulatan NKRI di kawasan utara indonesia," ucap Penjabat Bupati

    Dalam konteks tersebut dan seiring dengan tema peringatan ulang tahun yang ke-599, daerah kepulauan sangihe tangguh bangkit bersama bekerja lebih hebat serta subtema dalam nikmat Tuhan bersama memberi makna maju pantang mundur menembus keterbatasan mewujudkan kabupaten kepulauan Sangihe yang maju dan sejahtera.


    Dijelaskan Penjabat Bupati, upacara adat Tulude memiliki makna yang sangat mendalam dan sakral karena di dalamnya mengandung tiga hal penting yaitu pertama, mensyukuri segala berkat dan anugerah Tuhan yang telah dikaruniakan di sepanjang tahun yang baru.

    Kedua, memohon ampun atas segala kesalahan serta semua dosa yang pernah dan telah dilakukan dalam perjalanan waktu menjalani kehidupan hari - hari di sepanjang tahun yang silam.

    ketiga, menjalankan dan memohon kelanjutan hidup dan pengabdian tahun yang baru yang sedang dijalani sekarang ini.

    Upacara adat tulude dan Hut ke- 599 Kabupaten Kepulauan Sangihe turut dihadiri Sekertaris Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Steve Hartke Andries Kepel, ST., M.Si., Ketua DPRD Sulut Franciscus Andi Silangen, Ketua Tim Penggerak PPK Sulut, Ir. Rita Maya Tamuntuan,Forkopimda, Anggota DPRD Sangihe,para Pimpinan OPD, Tokoh Adat,Tokoh Agama,Tokoh masyarakat Sangihe.

    (OpMud)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Upacara Adat Tulude dan Hut 599 Kabupaten Sangihe Sukses digelar Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top