• Berita Terbaru

    March 22, 2024

    elnusanews/com March 22, 2024

    MUSRENBANG RKPD Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2025 , Di Pimpin Bupati FDW


    Minsel, Elnusanews.com-Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunnan (MUSRENBANG) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2025 di buka oleh Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., yang bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan Pada Kamis, 21/3/2024.

    Dengan Mengambil Tema “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif Melalui Sumberdaya Manusia Yang Berkualitas”. Yang secara Implisit Tema tersebut telah memberikan gambaran Fokus Program, Kegiatan dan Sub Kegiatan  serta arah Pembangunan Kabupaten Minahasa Selatan pada Tahun 2025 yang akan datang.

    Sebagaimana Amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, Musrenbang Merupakan Forum Antar Pemangku Kepentingan Dalam Rangka Menyusun  Rencana Pembangunan Daerah. Pemerintah Daerah Wajib Menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Yang Merupakan Penjabaran Dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Yang Memuat Rancangan Kerangka Ekonomi Daerah, Prioritas Pembangunan Daerah, Serta Rencana Kerja Dan Pendanaan Untuk Jangka Waktu 1 (Satu) Tahun Yang Disusun Berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.


    Dengan demikian RKPD mempunyai Kedudukan, Peran Dan Fungsi Yang sangat Strategis dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, dimana Rkpd Merupakan Penjabaran Tahunan Dari Visi, Misi, Program dan kegiatan yang sudah ditetapkan oleh DPRD lewat Perda RPJMD. Sehingga Musrenbang RKPD merupakan Agenda Tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari Tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi Sampai Tingkat Nasional.

    Jika Dilihat Usulan Masyarakat Dalam Musrenbang Di 17 Kecamatan Pada Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Mencapai 195 Usulan Yang Divalidasi Oleh Perangkat Daerah Dari 1.136 Usulan Prioritas Kecamatan Dan Usulan Reses (Pokok-Pokok Pikiran DPRD) Mencapai 47 Usulan Yang Divalidasi Oleh Perangkat Daerah Dari 704 Usulan Pokir.

    Pada sambutannya Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wonglar, SH menyampaikan bahwa Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunnan saat ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilakukan oleh Pemerintah kabupaten Minahasa Selatan.
    "Setelah melakukan tahapan sebelumnya Musyawarah ditingkat Desa / Kelurahan dan Musyawarah ditingkat Kecamatan, dan Forum saat ini adalah Forum bagi kita semua untuk Kembali membahas dan menyampaikan ususlan – usulan yang nanti akan dikelompokan dan akan dibagi di SKPD yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan". Ucap FDW
    Lanjut Bupati FDW menambahkan "bahwa kiranya Forum ini dapat bermanfaat bagi kita semua dalam rangka mewujud nyatakan Minsel Maju Berkepribadian dan Sejahtera".Tutup Bupati FDW

    Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Minahasa Selatan, Sekretaris Daerah bersama dengan para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bpk. Ir. Danny Karouw, MT, Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan, Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, para Akademisi sebagai Narasumber, para Camat, Lurah dan Hukum Tua, Staf Khusus Bupati, Pimpinan dan Anggota TP.PKK Kabupaten Minahasa Selatan, Ketua Dewan Pendidikan, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, Pimpinan Perusahaan, Perbankan dan Sektor Swasta, Pimpinan Organisasi Kemasyarakat dan Pemuda, Pimpinan BKSAUA, FKUB dan FKDM Kabupaten Minahasa Selatan.


    (CT)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: MUSRENBANG RKPD Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2025 , Di Pimpin Bupati FDW Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top