• Berita Terbaru

    June 17, 2019

    elnusanews/com June 17, 2019

    Waruga Desa Kaima Dirusak Orang Tak Dikenal

    MINUT, Elnusanews -- Sungguh sangat disayangkan dan begitu memprihatinkan. Pasalnya situs bersejarah cagar budaya Waruga yang ada di Desa Kaima, Kecamatan Kauditan dirusak oleh orang yang tak dikenal,  beberapa pihak menduga tidak hanya di rusak melainkan ada barang antik yang hilang berasal dari dalam waruga tersebut.

    Kepada elnusanews.com Pemerhati budaya Minut yang juga Ketua LSM GMBI Sulut Howard H Marius menyayangkan tindakan orang tak dikenal tersebut.
    Menurut Marius ia bersama perwakilan masyarakat desa Kaima yang lain yaitu Brando Pangemanan, Steven Rondonuwu dan Jendri Togas langsung melaporkan kejadian ini kepihak Kepolisian.

    "Kami sudah melaporkan peristiwa ini ke Polisi dan kami meminta pihak kepolisian mengusut tuntas kasus ini. Karena waruga adalah situs bersejarah yang dilindungi oleh undang-undang terlebih waruga adalah jati diri masyarakat Minahasa. Kami juga menduga ada kehilangan barang-barang antik yang ada dalam isi waruga tersebut, " tegas Marius.
    Penjaga waruga Bpk. Noldy Pateh menuturkan waruga yang ada, teryata sudah dalam keadaan rusak.

    Sementara itu
    Penjabat Hukum Tua Desa Kaima Nontje K Mandang mengatakan pihaknya sangat menyangkan tindakan orang tak dikenal tersebut.

    "Kedepan untuk menghindari hal-hal seperti ini pihak pemerintah desa sudah mencari solusinya, bahwa di Cagar Budaya Waruga Desa Kaima akan dipasang penerangan, dan akan melakukan ronda sampai ke daerah tersebut,  kedepan sedang kami pikirkan untuk memasang CCTV dilokasi Cagar budaya, " imbuh Kumtua.
    Terpisah Kapolres Minut AKBP Jefry R P Siagian SIK melalui KasatbReskrim AKP Nohfri Maramis SIK membenarkan hal tersebut. "Laporan sudah kami terima, dan SatRes bersama Polsek Kauditan sementara melakukan penyelidikan terkait kasus ini," tutupnya. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Waruga Desa Kaima Dirusak Orang Tak Dikenal Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top