• Berita Terbaru

    April 29, 2021

    elnusanews/com April 29, 2021

    Fabian Kaloh Apresiasi Pelaksanaan Bimtek Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut


    DEPROV,Elnusanews -- Legislator DPRD Sulut Fabian Kaloh, Selasa (27/4/21) pagi mengikuti Bimtek Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut yang dilaksanakan oleh Sekretariat Dewan lewat Bagian Keuangan.

    Kepada wartawan seusai mengikuti Bimtek, politisi PDIP ini mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pihak Sekretariat DPRD Sulut. Menurutnya ini sangat bermanfaat bagi anggota DPRD Sulut.

    Dikatakannya, beberapa anggota dewan pasti sudah tau, tapi ada hal baru yang kita dapat seputar Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) anggota dewan dan bagaimana seharusnya aspirasi dewan bisa sinkron dengan perencanaan pembangunan yang disusun Pemerintah Provinsi.

    “Selain itu kita juga belajar akan arti penting publik speaking bagi anggota DPRD,” ujar Kaloh. 

    Dikatakan anggota DPRD dapil Minut-Bitung ini, peningkatan peran DPRD harus bisa diwujudkan dalam beberapa fungsi. Yang pertama, Representation. Mengartikulasikan keprihatinan, tuntutan, harapan dan melindungi kepentingan rakyat ketika kebijakan dibuat, sehingga DPRD selalu berbicara atas nama rakyat. Peran yang kedua, lanjutnga adalah Advokasi. Melakukan aksi pembelaan yang mengatasnamakan rakyat jika hal itu diperlukan.

    “Menjadi sebuah kewajaran mengingat aspirasi masyarakat mengandung banyak kepentingan atau tuntutan yang terkadang berbenturan satu sama lain. Tawar menawar politik dimaksudkan untuk mencapai titik temu dar berbagai kepentingan tersebut. Sehingga suara masyarakat yang diwakilkan ke DPRD bisa tersampaikan dengan tepat,” jelas Kaloh

    Sedangkan dalam peningkatan peran yang terakhir, lanjut mantan birokrat Kota Bitung ini adalah, dengan melakukan Administrative oversight. Yang berarti menilai atau menguji dan bila perlu berusaha mengubah tindakan-tindakan dari badan eksekutif.

    “Makanya, dalam hal ini DPRD harus ikut andil dan tidak boleh acuh tak acuh terhadap kebijakan pemerintah daerah yang bermasalah atau sedang dipermasalahkan rakyat,” ujar Kaloh kembali.

    Diketahui, pada pelaksanaan Bimtek itu dihadirkan dua narasumber dari Jakarta yakni DR Sugeng Hariyanto yang merupakan Staf Ahli di Kementerian Dalam Negeri dan yang kedua adalah Samsul Rahman. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fabian Kaloh Apresiasi Pelaksanaan Bimtek Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top