• Berita Terbaru

    April 27, 2021

    elnusanews/com , April 27, 2021

    Walikota Caroll Minta PD Rutin Beri Informasi Soal Program Kinerja

    TOMOHON,Elnusanews - Walikota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH membuka kegiatan ini sekaligus membawakan materi. Dalam materi dan sambutannya Walikota mengatakan bahwa Monitoring adalah proses dalam pelaksanaan kegiatan yang mengamati perkembangan pelaksanaan rencana, mengidentifikasi serta mengantisipasi permasalahan yang timbul atau akan timbul untuk dapat diambil tindakan sedini mungkin, dan hasil akhirnya adalah pelaporan. evaluasi adalah proses menentukan nilai atau pentingnya suatu kegiatan, kebijakan atau program serta sebuah penilaian yang sub objektif dan sistematik terhadap sebuah intervensi yang direncanakan, sedang berlangsung atau pun yang telah diselesaikan. 


    "Menurut peraturan pemerintah nomor 39 tahun 2006 evaluasi merupakan rangkaian kegiatan membandingkan realisasi masukan (input), keluaran (output) dan hasil (outcome) terhadap rencana dan standar yang telah ditetapkan serta sebagai bahan masukan untuk perencanaan yang akan datang. Sedangkan monitoring adalah merupakan kegiatan rutin, sedang berjalan dan internal dipergunakan untuk mengumpulkan informasi terhadap keluaran, hasil dan indikator yang akan dipergunakan untuk mengevaluasi kinerja program. Output sistem monitoring dan evaluasi adalah kita mendapat informasi tentang kinerja kebijakan, program serta kegiatan pemerintah. informasi tentang hasil-hasil identifikasi, apa yang berfungsi, apa yang tidak berjalan & mengapa demikian serta juga informasi tentang kinerja stakeholder yang ada.

    Monitoring dan evaluasi diperlukan karena mendukung pembuatan kebijakan (khususnya keputusan anggaran) yaitu penyusunan anggaran berbasis kinerja dan perencanaan nasional, serta dapat membantu pemerintah dalam menganalisis pengembangan program dan meningkatkan transparansi, akunbilitas," tutur Walikota Tomohon itu.


    Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang sudah memenuhi undangan kami walaupun saat ini masih dalam masa pandemi covid-19. Kepada saudara-saudara peserta saya berharap agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi dan profesionalitas dalam menjalankan peran dan fungsinya.


    "Dengan adanya monitoring dan evaluasi pembangunan  maka perangkat daerah harus secara rutin menyediakan informasi kinerja program dan kegiatan pembangunan untuk dapat mengidentifikasi dan mengambil tindakan dalam memperbaiki kekurangan dalam capaian kinerja.


    Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rumah Dinas Walikota Tomohon, Senin(26/04/2021).


    Tampak hadir Narasumber mewakili Kepala Biro Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara Drs Jerry Kuhu MAP, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Tomohon Jemmy Ringkuangan AP MSi, jajaran pemerintah Kota dan para peserta.


    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Walikota Caroll Minta PD Rutin Beri Informasi Soal Program Kinerja Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top