• Berita Terbaru

    April 27, 2021

    elnusanews/com , April 27, 2021

    Mawitjere Dorong Pemajuan Kebudayaan dengan Kegiatan "Simak Budaya Torang 2021"

    SULUT,Elnusanews – Dalam rangka mengoptimalkan Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di sektor kebudayaan, Dinas Kebudayaan terus melakukan terobosan-terobosan dan inovasi untuk pemajuan kebudayaan di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara.

    "Banyak hal terkait Pemajuan Kebudayaan yang patut kami lakukan dan jabarkan sebagaimana Visi dan Misi pak Gubernur Olly Dondokambey SE dan pak Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (ODSK), terkait pemajuan kebudayaan, dimana daerah dan masyarakat harus memiliki karakteristik budayanya,” ungkap Patricia Mawitjere yang merupakan Plt Kepala Dinas Kebudayaan Sulut itu, Selasa (27/04/2021) kepada elnusanews.com.

    Selain kegiatan yang sudah terealisasi, ada juga kegiatan untuk pemajuan kebudayaan di daerah ini yakni menggelar kegiatan,  ‘Simak Budaya Torang’.
    Kegiatan berisi Apresiasi Desa Budaya, Tradisi Lisan dan Musik Kolintang.
    Untuk Desa Budaya, diberikan apresiasi bagi Desa yang tetap menjaga pelestarian, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan budaya.
    Kolintang disiapkan  Goes to UNESCO, sedangkan untuk Tradisi Lisan bagi anak usia sekolah bertujuan, agar anak-anak mencintai bahasa daerahnya, karena banyak anak yang tinggal di desapun sudah tidak menggunakan bahasa daerah.

    Sedangkan pengumuman Finalis Terbaik ‘Simak Budaya Torang 2021’ akan dilakukan pada Selasa 27 April 2021, pukul 18.00 wita bertempat di Granpuri Hotel Manado dan disiarkan secara live streaming. Kegiatan Disbud Sulut ikut didukung DPP Pinkan Indonesia dan DPD Pinkan Sulut serta BSG.

    “Ini merupakan upaya mengembangkan dan melestarikan ‘Budaya Torang’ di Sulawesi Utara sebagai warisan bagi generasi Hebatnya Sulut dan sebagai kekayaan intelektual daerah, Kolintang Goes to UNESCO,” tandas Mawitjere.

    Tentunya, ia berharap agar tujuan UU Pemajuan Kebudayaan atas masyarakat Sulut yang berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan bisa terwujud, apalagi menjadikan Kolintang diakui UNESCO sebagai warisan alat seni milik Sulut.

    Sementara untuk kegiatan ‘Simak Budaya Torang 2021’ nanti, maka bagi para undangan dan peserta, diwajibkan menunjukan Hasil Rapid Antigen, Pakai Masker, Sanitizer, Jaga jarak. 

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mawitjere Dorong Pemajuan Kebudayaan dengan Kegiatan "Simak Budaya Torang 2021" Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top