• Berita Terbaru

    June 08, 2021

    elnusanews/com , June 08, 2021

    Gubernur Olly Resmi Dilantik sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulut

    SULUT,Elnusanews - Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Mayjen (Purn) Bachtiar Utomo  melantik pengurus Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulawesi Utara (Sulut) masa bakti 2020-2025, di ruang Mapalus kantor gubernur Sulut, Selasa (08/06/2021)
    Mabida yang dilantik adalah Gubernur Olly Dondokambey sebagai Ketua, dan Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw sebagai Wakil Ketua.
    Bersama ini juga dilantik Pangdam XIII Merdeka, Kapolda Sulut, Kajati Sulut, Kepala Pengadilan Tinggi Sulut, Danlantamal Sulut, Danlanudsri dan Ketua TP PKK Sulut sebagai Wakil Ketua, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Sulut dan Wakil Ketua TP PKK Sulut sebagai Sekretaris dan Wakil Sekretaris.
    Kemudian, dilakukan pula pelantikan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulut Vanda Sarundajang, Wakil Ketua Asiano Gammy Kawatu beserta pengurus oleh Ketua Mabida Sulut Olly Dondokambey untuk masa bakti 2020-2025.
    Pelantikan disaksikan Sekjen Kwarnas Bachtiar Utomo.
    Diteruskan dengan pelantikan Lembaga Pemeriksaan Keuangan Gerakan Pramuka Sulut, Puslitbang dan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Sulut untuk masa bakti 2020-2025.
    Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulut Olly Dondokambey menyampaikan ucapan terima kasih kepada, Sekjen Bachtiar Utomo yang bersedia meluangkan waktu untuk datang ke Manado menghadiri pelantikan.
    Membakar semangat pengurus Gerakan Pramuka Sulut, Gubernur Olly mengutip pidato Presiden Soekarno saat menyerahkan Panji Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 : “Berusahalah sehebat-sehebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan Gerakan kita. Sampai pada suatu ketika setiap Anak dan Pemuda serta Pemudi Kita, baik Mahasiswa yang ada di kota manapun yang mengembala kerbau di desa dengan rasa bangga dan hormat dapat menyatakan Aku Pramuka Indonesia,” koarnya.
    Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka, Bachtiar Utomo mengajak seluruh pengurus dan anggota pramuka di Sulut untuk menggelorakan semangat dan marwah Pramuka.
    “Kalau sekarang anak kita diajak pramuka, banyak yang tidak minat. Padahal, dulu pramuka itu organisasi bergengsi. Malu kalau sampai tidak diterima jadi anggota Pramuka. Untuk itu, ayo sama-sama kita bangkitkan lagi semangat itu,” tuturnya.

    Dikatakan pula, meski saat ini pandemi Covid 19 masih belum mereda, yang berdampak pula terhadap pembatasan kegiatan kepramukaan secara fisik, namun menurut sekjen, pramuka bukan tidak melaksanakan kegiatan, akan tetapi bisa dilakukan melalui online dan tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

    “Jadi bukan berarti pramuka tidak melakukan kegiatan, bisa melalui online dan tatap muka namun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Pramuka juga diharapkan aktif membantu pemerintah mensosialisasikan dan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

    Mantan Pangdam VII/Wirabuana ini menuturkan, selain menjadi wadah pendidikan karakter anak bangsa, Gerakan Pramuka juga diharapkan dapat berkiprah dan berperan aktif dalam upacaya pecegahan Covid 19. Salah satunya membantu pemerintah dalam mensosialisasikan aturan pemerintah mengenai penerapan disiplin protokol kesehatan melalui Gerakan Pramuka Peduli.

    “Harapan saya MABIDA bisa memberikan fasilitas membantu kegiatan kepramukaan di Sulut agar lebih eksis dan massif,” harapnya.

    Ia tak lupa mengingatkan filosofi yang digaungkan pahlawan nasional asal Sulut GSSJ Ratulangi, Si Tou Timou Tumou Tou. “Terus bumikan filosofi ini dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

    Susunan Pengurus Mabida Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Utara Periode 2020-2025 :
    Ketua : Gubernur Sulut
    Wakil Ketua : Wakil Gubernur Sulut, Pangdam 13 Merdeka, Kepala Kepolisian Sulut, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Tinggi, Danlantamal, Danlanud Sam Ratulangi dan Ketua PKK Sulut.
    Sekretaris : Sedaprov
    Wakil Sekretaris : Wakil Ketua PKK
    Anggota : Rektor Sam Ratulangi.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Olly Resmi Dilantik sebagai Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top