• Berita Terbaru

    April 25, 2019

    elnusanews/com April 25, 2019

    Pemkab Mitra Peringati Hari OTDA

    MITRA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) peringati Hari Otonomi Daerah (OTDA) Tahun 2019. Peringatan hari OTDA ke XXIII dengan tema Meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik melalui penyelenggaraan otonomi daerah yang kreatif dan inofatif diperingati dalam bentuk upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Mitra Drs Jesaya J.O Legi, bertempat di Halaman Kantor Bupati, Kamis 25/4/2019.

    Wabup Legi saat membacakan sambutan tertulis Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Menurut dia, Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan daerah,dimana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreatifitas dan inofasinya. 

    “Setidaknya terdapat tiga hal prinsip yang merubah secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah Pertama otonomi daerah secara nyata telag memdorong budaya demokrasi di tengah tengah kehiduoan masyarakat dan Kedua,otda telah menumbuh kembangkan iklim kebebasan berkumpul ,berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi masyarakat. Serta Ketiga,dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi melalui proses oanjang dan berbelit belit tetapi menjadi sangat efisien dan responsif.”Jelasnya.

    Dikatakannya, Perkembangan pelaksanaan otonomi daerah yang cukup signifikan telah kita rasakan, namun masih perlu adanya perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, lanjutnya perlu adanya upaya penataan penyelenggaraan OTDA secara komprehensif salahsatunya dengan memberikan arahan dan pedoman regulasi bagi daerah. 

    “Mari kita kawal OTDA agar selau diisi dengan kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerahyang berorientasi pada pelayanan masyarakat, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan kreatifitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya manusia dan alam secara signifikan serta mari kita tingkatkan kinirja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,keserasian hubungan pemerintah daerah dengan DPRD dan masyarakat sehingga tercipta tata kelola pemerintahan yang sinergis.”harapnya. 

    Peringatan OTDA ini turut diikuti Sekertaris daerah,para asisten, Kepala SKPD, camat serta lurah dan ASN pemkab Mitra.

    (Jo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Mitra Peringati Hari OTDA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top