• Berita Terbaru

    April 24, 2019

    elnusanews/com , April 24, 2019

    STEVEN KANDOUW Ingatkan Budaya Sehat dan Revolusi Toilet

    SULUT,Elnusanews - Rapat Pemantapan Koordinasi Dalam Rangka Pembinaan dan Pengembangan Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) serta Evaluasi Persiapan Pelaksanaan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional di Provinsi Sulut Tahun 2019, resmi dibuka Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Rabu (24/4/2019).

    Dalam arahannya orang nomor dua Sulut tersebut menyampaikan budaya sehat itu harus dipupuk dari tingkat bawah. Dari pendidikan tingkat dasar, TK,SD,SMP hingga SMA agar supaya betul-betul menjadi budaya yang sehat.

    "Saya ingatkan kembali terkait masalah kesehatan harus kita didengung-dengungkan kepada seluruh masyarakat. Fungsi pemerintah untuk mengkoordiner hal ini tidak ada komponen masyarakat lain yang efektif untuk mendidik kesehatan, kebersihan ini selainkan dari sekolah. Dan itu pemerintah harus mengdrive. Maka dari itu UKS harus digembor-gemborkan dan lebih bagus lagi dikompetisikan supaya semua berlomba-lomba menciptakan sekolah yang sehat," tandas Wagub Sulut itu.

    Lanjut Steven Kandouw, sampai saat ini kebersihan sekolah masih sangat relatif karena di sejumlah sekolah sudah terlihat bagus tapi di sekolah lain masih jorok.

    "Tahun lalu saya sempat mendengungkan tentang Revolusi Toilet ternyata belum mendapat respon dengan baik. Menurut informasi di lapangan banyak sekolah yang menjadi kewenangan perintah provinsi ketersedian toilet dan air masih renda sekira 40 persen apalagi di kabupaten kota ketersediaan toilet dan air hanya 20 persen," pungkas Ketua Tim Pembina UKS/M Sulut itu. Sembari ia berharap mudah-mudahan setiap tahun torang genjot supaya budaya menjaga kesehatan dan kebersihan ini naik.

    "Untuk itu saya mengingatkan kembali kepada seluruh kabupaten kota agar memperhatikan masalah kesehatan dan kebersihan sekolah apalagi terkait dengan masalah kebersihan toilet," tutur mantan ketua DPRD Sulut itu.

    Sementara itu Karo Kesra Setdaprov Sulut Kartika Devi Tanos mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini merumuskan kekuatan, peluang, hambatan dan kelemahan yang ada dalam pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah dan madrasah.

    "Sehingga dapat dirumuskan pula rencana tindak lanjut dalam pengembangan pelaksanaan program usaha kesehatan sekolah/madrasah tingkat provinsi dan kabupaten/kota se sulut dan mendapatkan komitmen dari instansi terkait dan lintas sektor terutama tim pembina UKS provinsi sulut dalam pengembangan program usaha kesehatan sekolah serta
    mendapatkan komitmen dari kabupaten/kota terutama yang belum memiliki SK Tim Pembina UKS tingkat kabupaten /kota untuk segera membuat SK untuk Tim Pembina tingkat kabupaten/kota dan yang sudah memiliki SK Tim untuk dapat segera menyusu rencana tindak lanjut. Selanjutnya mempersiapkan keikutsertakan pemerintah provinsi sulut dalam lomba sekolah sehat ( LSS) tingkat nasional tahun 2019," pungkas istri Wagub Sulut itu.

    Rapat Pemantapan Koordinasi tersebut di gelar oleh Biro Kesra Setda Provinsi Sulut, yang dihadiri langsung oleh Kepala Dikda Sulut Grace Puluh, Karo Kesra Sulut Kartika Devi Tanos, Kabid Rima Lolong mewakili Kadinkes Sulut dan Perwakilan sejumlah sekolah yang bakal ikut LSS 2019 dari Kab/Kota.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: STEVEN KANDOUW Ingatkan Budaya Sehat dan Revolusi Toilet Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top