• Berita Terbaru

    April 12, 2019

    elnusanews/com April 12, 2019

    Bupati Tetty Paruntu Bacakan Pesan Kemendagri Pada Peringatan HUT Satpol-PP, Damkar Dan Sanlinmas

    MINSEL, Elnusanews - Bertempat di halaman kantor Bupati pada, Jumat 12 April 2019, Bupati Minahasa Selatan DR. Cristiany Eugenia Paruntu, SE bertindak sebagai Irup dalam peringatan ulang tahun Satpol-PP  ke- 69, Pemadam Kebakaran (Damkar) 100 dan Sanlinmas 57.

    Dalam sambutannya Kemendagri Jahjo Kumolo yang dibacakan Bupati DR. Cristiany Eugenia Paruntu, SE bahwa, peringatan hari ulang tahun ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP, dan HUT ke-57 Satlinmas sebagai momentum untuk meneruskan dedikasi perjuangan mewujudkan ketenteraman, keamanan, serta ketertiban bagi masyarakat.

    "Peringatan hari ulang tahun sebagaimana yang kita lakukan hari ini, tentu tidak hanya dijadikan forum untuk mengenang masa lalu. Lebih dari itu, dimaksudkan sebagai sarana untuk meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian aparatur dalam melindungi masyarakat, serta kebulatan tekad untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ucap Bupati di hadapan para undangan.

    Selanjutnya kata dia, berperan aktif dalam proses dan melindungi pembangunan, termasuk perlindungan masyarakat dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk terlibat aktif dalam menyukseskan agenda nasional bangsa lndonesia, seperti Pemilu Serentak 2019 sebagai elemen penting kehidupan demokrasi.

    Peran penting damkar, Satpol PP, dan Satlinmas tercermin dari tugas serta tanggung jawabnya, ucapnya.

    Lagi katanya, tugas damkar adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun kebakaran; melakukan inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran; pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

    Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan perda dan perkada; menyelenggarakan ketertiban umum dan ketenteraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Satuan perlindungan masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketenteraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketenteraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

    Melalui peringatan ini, saya mengajak seluruh bangsa lndonesia untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam upaya mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, ucap Bupati Tetty Paruntu.

    Hadir dalam kegiatan ini, Sekdakab Minahasa Selatan Denny Kaawoan, MSi Unsur Forkopimda, Pejabat Esalon struktural, Camat serta undangan lainnya.

    (Rela)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Tetty Paruntu Bacakan Pesan Kemendagri Pada Peringatan HUT Satpol-PP, Damkar Dan Sanlinmas Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top