• Berita Terbaru

    April 10, 2019

    elnusanews/com April 10, 2019

    Pemkab Mitra Gelar Lomba Masak Menu Serba Ikan

    MITRA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK Kab. Mitra menggelar lomba masak menu serba ikan, bertempat di Sport Hall Kantor Bupati, Rabu 10/4/2019. 

    Kegiatan lomba yang bertemakan Menu masakan ikan untuk kesehatan masyarakat ini dibuka oleh Bupati Mitra James Sumendap diwakili oleh Wakil Bupati Drs.Jesaja J.O Legi diikuti oleh TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Mitra. Adapun Menu ikan yang dilombakan yakni 3 jenis menu, masing-masing menu ikan untuk keluarga, menu ikan untuk balita dan menu kudapan dan snack. 

    Kepala Dinas Ir Vecky Minigir menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memasyarakatkan makan ikan. “Mari hebatkan mitra dengan makan ikan.

    ” Ujar Minigir. Selanjutnya, kata dia tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan ketrampilan memasak dengan bahan baku ikan, menyebarluaskan informasi tentang ikan, olahan ikan kandungan gizi serta manfaatnya,mendukung pemanfaatan sumber daya ikan yang berkedaulatan dan berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat serta melakukan kampanye pemanfaatan ikan yang bukan berasal dari praktek IUU fishing dan penangkapan ramah lingkungan sejalan dengan seafood. 


    Sementara, Wabup Legi dalam sambutan mengatakan, peningkatan kosumsi ikan dalam rangka tekad kita memajukan kesejahteraan masyarakat dimana manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecerdasan. “Untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat tentunya harus dimulai dari peningkatan konsumsi ikan keluarga. Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter maka perlu pembangunan pembinaan fisik dan mental yang dimulai dari keluarga.” Terangnya. 

    Lanjut sikatakanya, Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat bagi keluarga. Perlu diketahui kata legi Kab Mitra memiliki kekayaan dan keragaman sumberdaya kelautan dan perikanan yang cukup melimpah yang didukung oleh potensi perairan di Tiga wilayah pesisir yakni Pusomaen,Belang dan Ratatotok serta potensi ikan air tawar di kawasan minapolitan Tombatu,Pasan dan Ratahan. 

    Berdasrakan itu Legi berharap tingkat konsumsi ikan di Mitra akan meningkat. Selain itu dia berharap kegiatan ini dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan serta menjadikan upaya mensukseskan program Gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN). 

    Kiranya kegiatan ini rutin dilaksanakan dan ibu ibu PKK tentunya harus mempunyai peran penting dengan berbagai sosialisasi manfaat dari konsumsi ikan dan diversifikasi produk olahan berbahan baku ikan kepada masyarakat khususnya ibu ibu rumah tangga dan dasawisma.” Pungkasnya. 

    Diketahui lomba ini dinilai oleh 3 orang juri, yakni Plt ketua TP PKK Mitra Ibu Pdt. Erni Legi Rondonuwu, S.Th, akademisi/ahli Pangan, Dr. Ir  Heni Dien, M.Si, ketua DPW dinas DKP Mitra dan Ibu Everdin Monigir Kalesaran, SE, M.Si. 

    Turut mendampingi wabup sekda Drs.Robby Ngongoloy,ME, M.si,sejumlah pejabat pemkab. Pengurus TP PKK Mitra

     (Jo)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Mitra Gelar Lomba Masak Menu Serba Ikan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top