• Berita Terbaru

    April 25, 2019

    elnusanews/com April 25, 2019

    Bupati Roring ; PAD Yang Besar Menunjang Program Pemerintah

    MINAHASA, Elnusanews - Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring MSi, Kamis 25/4/2019 membuka kegiatan sosialisasi pajak daerah dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pahak dan optimalisasi penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor daerah, bertempat di Aula Benteng Moraya. 

    Dalam sambutannya Bupati Roring berharap Semoga sosialisasi ini mejadi perhatian kita semua dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ditanah minahasa, sebab PAD yang besar dapat menunjang program-program pemerintah yang ada. 

    “Mari kita mengajak masyarakat guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak dalam melakukan kewajiban membayar pajak sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.” Ujarnya.

    Selanjunya kata dia, untuk meningkatkan hasil pendapatan daerah pemerintah kedepan akan melakukan Intensifikasi Pajak dan Ekstensifikasi Pajak Daerah. Intensifikasi pajak ini menurutnya dapat memaksimalkan apa yg sudah ada, menambah jumlah penerimaan dari wajib pajak yang sudah terdaftar sebagai wajib pajak daerah. 

    “Jadi ekstensifikasi pajak daerah yaitu menambah jumlah wajib pajak yang belum terdaftar dan Memperluas subjek dan objek pajak sesuai peraturan yang berlaku.” terangnya. 

    Dikatakannya juga, Kedepanprmkab Minahasa akan melihat mana Peraturan Daerah yang akan dipertahankan dan mana Peraturan Daerah yang perlu ditinjau kembali. 


    “Seperti Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) sebagai dasar dari penghitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang wajib disetor setiap tahunnya, terdapat NJOP diwilayah-wilayah tertentu seharusnya sudah naik tetapi masih rendah. Selain itu Pemerintah Kabupaten Minahasa akan bekerja sama dengan BPN untuk memperluas pemetaan subjek dan objek pajak yang bisa ditingkatkan". 

    Kedepan lanjutnya, akan digunakan cips pada alat hitung yang ada di rumah makan dan hotel agar pembayaran pajak konsumen dapat terkontrol. 

    Turut hadir dalam kegiatan ini Plt. Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi daerah Kabupaten Minahasa Joudi Kapoyos, SH, MAP, Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Mekry Sondey, SE selaku narasumber, Plt. Kasapol PP Meidy Rengkuangan, SH, MAP selaku Narasumber, Lurah dan Hukum tua perangkat kelurahan dan perangkat desa, Pengusaha Hotel, Pengusaha Restoran, Pengusaha Rumah Kost, Pertambangan, sarang burung walet se-Tondano, Remboken, Eris, Kombi dan Lembean Timur. (Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bupati Roring ; PAD Yang Besar Menunjang Program Pemerintah Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top