• Berita Terbaru

    April 14, 2021

    elnusanews/com , April 14, 2021

    Mawitjere: Mahasiswa Merupakan Agen Pemajuan Kebudayaan di Sulut

    SULUT,Elnusanews - Budaya adalah indentitas suatu masyarakat yang juga merupakan nilai dasar kepribadian suatu bangsa. Untuk itu, dinilai sangat penting dalam meningkatkan peran mahasiswa dalam mengenal nilai budaya daerah (kenal budaya torang). Hal ini merupakan program Pemajuan Kebudayaan OD-SK (Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE dan Drs. Steven OE. Kandouw) pada bidang Kebudayaan.

    Hal ini dipaparkan oleh Plt. Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Patricia Mawitjere pada kegiatan Webinar ‘Budaya Si Tou Timou Tou dalam Membangun Resiliensi di Masa Pandemi Covid-19, Selasa (13/04/2021).

    Mawitjere mengatakan guna mendorong program Pemajuan Kebudayaan makin mendapatkan tempat di kalangan generasi muda saat ini.

    "Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut membangun sinergitas dengan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado. Sinergitas antara Disbud Sulut dengan Lembaga Penelitan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT). Hal ini patut diikuti  Mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Terpadu (KKT) dalam upaya mendorong program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan di sektor kebudayaan dalam mewujudkan Sulut Semakin Hebat kedepan ditangan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw," imbuhnya.

    Di webinar itu pula, Plt Kadisbuda memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mampu memahami nilai-nilai budaya yang hidup pada masyarakat tempat kita hidup dan tinggal serta kearifan lokal yang dimilikinya.

    “Sehingga kita mampu untuk beradaptasi dengan masyarakat, selain itu mahasiswa adalah juga merupakan agen perubahan untuk kemajuan suatu bangsa termasuk Pemajuan Kebudayaan di Sulawesi Utara dan Nusantara,” ujarnya.

    Sembari Mawitjere berharap, mahasiswa mampu mengembangkan karakter diri yang berbudaya, sehingga mampu menunjukan jati diri yang berkarakter karena memiliki nilai-nilai budaya yang baik, dan mampu membuat diri menjadi menarik bagi semua orang.

    “Atractive person will atrack atractive persons(orang yang menarik akan menarik orang-orang yang menarik),” kata Mawitjere.

    Diketahui selain  Plt Kadisbuda Patricia Mawitjere membawa materi, ada juga pemateri Webinar ini adalah DR. Ir. Rignolda Djamaludin, MS, Koordinator Pusat Pengembangan KKT Universitas Sam Ratulangi.
    Webinar tersebut dipandu Moderator, DR.Ir.James Paulus,MSi.

    Diketahui kegiatan Webinar ini akan berlanjut pada MoU antara Unsrat dengan Disbud Sulut.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mawitjere: Mahasiswa Merupakan Agen Pemajuan Kebudayaan di Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top