• Berita Terbaru

    June 10, 2021

    elnusanews/com June 10, 2021

    Gunakan Senapan Dengan Bijak, KPL: Stop Tembak Burung di Alam


    MAANADO,Elnusanews-- Masih terjadinya kasus pembunuhan satwa liar terlebih jenis burung di alam bebas menjadi perhatian serius komunitas pecinta burung di Sulut.

    Kawanua Parrot Lovers (KPL) Sulut salah satu komunitas paruh bengkok di Sulut menjadi salah satu pihak yang mengecam tindakan-tindakan tersebut.

    Seperti yang dikatakan Ketua Komunitas Kawanua Parrot Lovers Sulut Rijali Soerotinojo, kasus penembakan burung di alam masih menjadi masalah serius bagi komunitasnya.

    "Apalagi komunitas kami berorientasi pada free fly yaitu burung dilepas ke alam bebas dan dilatih untuk kembali kepada pemiliknya, hal ini memiliki resiko burung mengalami kelelahan saat terbang dan hinggap di pohon atau kabel listrik dan sebagainya. Yang menjadi ketakutan kami sendiri adalah ketika burung dilepas saat latihan dan terbang ke alam bebas ada tangan-tangan jahil yang coba menangkap burung dengan cara ditembak sehingga yang ada malah burung mati," tegas Jali Soerotinojo.

    Untuk itu, Jali (sapaan akrabnya) berharap masyarakat untuk tidak menembak burung di alam apapun jenisnya.

    "Di komunitas kami banyak diisi oleh burung paruh bengkok. Jadi jika masyarakat yang melihat paruh bengkok di alam, bisa langsung menghubungi komunitas KPL Sulut via media sosial atau BKSDA setempat, agar tindakan penyelamatan bisa dilakukan. Tanpa harus ditembak, agar keberlangsungan hidup mereka bisa terjamin. Apalagi banyak jenis paruh bengkok yang dilindungi," tuturnya.

    Karena, tambah dia, di Komunitas KPL lebih berotientasi pada kelestarian burung burung paruh bengkok ini.

    "Bijaklah dalam menggunakan senapan tanpa harus mengganggu kehidupan burung," tutupnya.

    (***)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gunakan Senapan Dengan Bijak, KPL: Stop Tembak Burung di Alam Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top