• Berita Terbaru

    March 31, 2022

    elnusanews/com March 31, 2022

    Buka Musrembang Daerah, Ini Harapan Bupati Roring

    MINAHASA, Elnusanews  – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2023. 

    Kegiatan tersebut berlangsung di Kasuang Spiritual Center Tondano, Kamis 31/3/2022. 

    Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) membuka secara langsung kegiatan tersebut. Dimana dikesempaten itu bupati ROR mengatakan, bahwa dirinya berharap Musrembang tersebut kepada seluruh stekholder yang hadir untuk dapat memberikan subangsi bagi Minahasa kedepan. 

    “Saya berharap Musrembang terkait rencana pembangunan Tahun 2023 nanti mendapat masukan-masukan dari semua unsur, serta mengajak kepada semua yang hadir supaya memberi sumbangsi demi perkembangan Minahasa kedepan, lebih khusus pada sektor pariwisata,” ujarnya.

    ROR pun mengatakan KEK Likupang sangat berdampak langsung di Kabupaten Minahasa, sehingga pengembangan infrastruktur perlu dilakukan. Hanya saja, dua tahun terakhir ini Pemerintah Kabupaten Minahasa mengalami rekofusing anggaran untuk penanganan COVID-19, sehingga anggaran pembangunan infrastruktur berkurang.

    Sementara Kepala Bappelitbangda Philip Gerald Siwi, SE dalam laporannya mengatakan, Musrembang RKPD Tahun 2023 bertujuan untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari Stakeholders dalam rangka penajaman, penyelerasan dan penyempurnaan kerangka regulasi dan anggaran yang akan dituangkan dalam RKPD untuk selanjutnya akan digunakan sebagai bahan penyusunan KUA/PPAS dan RAPBD Kabupaten Minahasa Tahun 2023.

    Pelaksanaan Musrembang ini mempunyai dasar-dasar hukum, seperti undang-undang no 25 Tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional, kemudian undang-undang no 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan Permendagri no 86 Tahun 2017 tentang tata acara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rencana Perda tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.

    “Tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan RKPD Tahun 2023 meliputi Musrembang Desa/Kelurahan pelaksanaannya pada bulan Desember 2021 sampai januari 2022. Selanjutnya, orientasi penyusunan RKPD pada 6 Januari 2022,”katanya.

    Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penandatanganan Berita Acara kesepakatan hasil Musrembang RKPD Kabupaten Minahasa Tahun 2023.

    Hadir Sebagai Moderator, Prof. Dr. Charles Kepel MSi dan Dr. Vecky Masinambow MSi, Dra. Feibe Rondonumu MSi (Mewakili Bapeda Prov. Sulut) dan Pier H. Makisanti, SH.

    Turut mendampingi bupati dalam Musrembang RKPD Tahun 2023, Wakil ketua DPRD Oktesy Runtu, SH, MSi dan Denny Kalangi serta Sekretaris Daerah Frits R. Muntu, S.Sos, Para Asisten, Inspektur Daerah, Sekretaris DPRD, Para Kaban/Kadis Minahasa, Dir RSUD, Dir PDAM, Para Kabag Setda, Camat se-Kab Minahasa serta Forkopimda


    (jonly Bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Buka Musrembang Daerah, Ini Harapan Bupati Roring Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top