• Berita Terbaru

    March 18, 2022

    elnusanews/com , March 18, 2022

    CS-WL Dukung Portal Satu Data Indonesia

    Kadis Kominfo Daerah Tomohon, Novi Politon.


    TOMOHON,Elnusanews - Satu Data Indonesia sangat penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan, yaitu dengan penyediaan data-data sektoral baik itu data statistik maupun data geospasial. Untuk itu diperlukan sinergi antar kementerian/Lembaga/Dinas/Instansi (K/L/D/I), antara pusat dan daerah dalam penyelenggaraan satu data Indonesia.
    Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang SDI mencakup prinsip-prinsip pembangunan SDI. Pertama. SDI dibangun agar penerapan tata kelola data yang telah dicanangkan pada tujuan SDI dapat dicapai. Kedua, dalam implementasinya, data yang dihasilkan oleh Produsen Data harus memenuhi kriteria tertentu, yaitu: memenuhi standar data, memiliki metadata, memenuhi kaidah interoperabilitas data, dan menggunakan kode referensi dan/atau kode induk.

    Pemerintah Kota Tomohon, melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Daerah, Novi Politon mengatakan dengan adanya portal satu data indonesia (SDI) tentunya pemerintah kota Tomohon siap mendukung langkah dari pemerintah pusat dalam rangka mengoptimalkan program CS-WL dalam satu data indonesia berbasis digital.

    "Pemerintahan CS-WL siap mendukung portal satu data indonesia. Karena program satu data indonesia ini sangat berguna pada saat perencanaan karena pemerintah sekarang dengan programnya bisa tepat sasaran untuk masyarakat. Intinya, pemerintah kota Tomohon tak tinggal diam dan terus menggenjot program portal satu data indonesia ini," beber Novi Politon kepada elnusanews.com, Jumat (18/3/2022).

    Lanjut Politon, bagi dirinya portal satu data indonesia itu sangat penting. Apalagi saat pelaksanaan Pemilu. 

    "Intinya, bagi saya program satu data indonesia sangat penting di era digital saat ini," ujarnya.

    Sembari dirinya berharap mudah-mudahan tahun 2022 berjalan ini jajaran Kominfo Tomohon akan terus berinovasi dalam rangka mengoptimalkan program CS-WL untuk Tomohon hebat.

    "Terkait inovasi kita berharap di tahun ini sudah bisa berjalan yakni program tanda tangan berbasis digital," pungkasnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: CS-WL Dukung Portal Satu Data Indonesia Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top