• Berita Terbaru

    June 10, 2021

    elnusanews/com June 10, 2021

    Cegah Terjadinya Pungli, FDW-PYR Launching Aplikasi Smart BLUE


    MINSEL, Elnusanews- Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH dan Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th secara resmi melaunching Penerapan aplikasi BLUE (Bukti Lulus Uji Elektronik).

    Adapun aplikasi BLUE (Bukti Lulus Uji Elektronik) merupakan kegiatan untuk memudahkan pelaksanaan pengujian perizinan kendaraan bermotor.

    Kadis Perhubungan, Verra Lasut menjelaskan bahwa saat ini pengujian perizinan kendaraan bermotor telah terakreditasi A dan  terkalibrasi walaupun masih menggunakan alat yang usianya telah lama.

    Adapun Bukti Lulus Uji Elektronik kata Lasut, sesuai dengan Amanat undang-undang yang berlaku. 


    Ia pun menjelaskan, aplikasi Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) dinas Perhubungan (Dishub) Minahasa Selatan sebagai langkah maju diera digital 4.0. Hal itu dimaksudkan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

    "Program Smart BLUE dibuat untuk integrasi data, memasukan data, memanggil data, mengakses dan mengelola data serta untuk memudahkan dalam penyajian data data kendaraan angkutan umum, terkait rekapitulasi jenis kendaraan, nama pemilik, jumlah kendaraan, umur kendaraan, informasi pemeriksaan terakhir dan data pembayaran terintegrasi dengan perbankan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat" tandas Lasut.

    Bupati Minahasa Selatan Franky Wongkar, SH pada Kamis, 10 Juni 2021 mengatakan penerapan Aplikasi BLUE dalam pelayanan KIR merupakan upaya untuk mendukung sistem pelayanan publik di era industri 4.0.

    "Pelayanan secara digital oleh Dishub ini adalah salah satu implementasi mencegah terjadinya pungutan liar bahkan nanti layanan ini akan berkembang menjadi non tunai sehingga pelayanan secara cepat, tepat dan transparan dapat terwujud," ucapnya.

    Dirinya menambahkan, uji KIR kendaraan bermotor merupakan rangkaian kegiatan menguji, memeriksa semua komponen kendaraan bermotor roda empat baik itu pick up, angkutan umum, truk untuk pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan layak jalan. 

    Oleh karena itu, masyarakat juga diimbau agar melakukan uji KIR secara berkala yaitu enam bulan sekali atau dapat menggunakan langsung aplikasi tersebut.

    "Uji KIR sekarang semakin cepat, karena menggunakan kemajuan teknologi. Ke depan tentu kita akan terus mendorong Dishub untuk membuat inovasi lainnya terkait peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pula mengajak masyarakat untuk memonitor aplikasi Blue dinas Perhubungan, pungkas Bupati FDW yang didampingi Wakil Bupati PYR usai kegiatan tersebut".


    (Rela)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Cegah Terjadinya Pungli, FDW-PYR Launching Aplikasi Smart BLUE Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top