• Berita Terbaru

    June 03, 2021

    elnusanews/com , June 03, 2021

    Dikda Sulut Gelar Bimtek Arkas Dana BOS SMA,SMK dan SLB se Sulut

    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Bimbingam Teknis  (Bimtek) Arkas Dana BOS SMA, SMK dan SLM tahin 2021, bertempat di Mercure Manado Tateli Beach Resort, Kamis (3/6/2021).

    Bimtek tersebut dibuka langsung oleh Asisten 1 Setdaprov Sulut, Edison Humiang mewakili Sekdaprov Edwin Silangen.


    Kadikda Sulut Grace Punuh mengatakan bantuan Operasional Sekolah atau BOS untuk SMA, SMK dan SLB se Sulawesi Utara (Sulut) dikelola sebanyak ratusan miliar. Puji syukur tahun ajaran 2020, tidak ada Temuan Ganti Rugi (TGR) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).


    “Sejak tahun 2017 kabupaten/kota serahkan SMA, SMK dan SLB ke provinsi, praktis dana BOS ratusan miliar, tapi bersyukur temuan dari rekomendasi BPK hanya temuan adminsitrasi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut Grace Punuh saat memberikan laporan dalam Bimbingan Teknis Arkas Dana BOS SMA, SMK dan SLB Tahun 2021 tersebut.


    Untuk itu Kadis Punuh meminta kepada pengelola dana BOS untuk tidak berpuas diri. 


    “Kita harapkan tetap profesional dalam pengelolaan keuangan, baik kepala sekolah, bendahara dan pengelola untuk laporkan sesuai dengan yang dikerjakan,” tukasnya. 


    Sementara itu, Asisten 1 Setdaprov Sulut Edison Humiang mengatakan kegiatan ini penting untuk diikuti para peserta. 


    “Ini dalam rangka optimalisasi dana BOS. Karena itu saya beri apresiasi kepada seluruh jajaran Dinas Pendidikan Daerah Sulut yang telah prakasai serta laksanakan kegiatan yang sangat penting hari ini,” tuturnya. 

    “Saya juga apresiasi kehadiran baik dari para nara sumber maupun peserta bimtek,” sambungnya. 


    Lebih jauh, kata dia, dipercayakan sebagai pengelola BOS jangan anggap menjadi seorang bos. “Saya tegaskan kalau salah ada sanksinya,” tukasnya. 


    Menurut dia, BOS harus dilakukan secara transparan dan akuntable. 

    “Program BOS merupakan salah satu implementasi merdeka belajar dari kementerian pendidikan. Pelaksanaannya harus benar-benar tepat dan mengacu pada perundangan-undangan yang berlaku,” terangnya. 


    Oleh karenanya ia meminta pengelola BOS harus tertib administrasi. 


    “Setiap pemangku kepentingan penerima dana BOS perhatikan ketentuan pengelolaan dana BOS itu sendiri. Kalau kita salah implementasi taruhannya adalah terali dikunci rapat-rapat yang tak bisa keluar. Anda sendiri tahu maksud saya,” tukasnya.


    Adapun Narasumber pada Bimtek tersebut, Kepala Bidang Aset BKAD Sulut, Melky Matindas, Perwakilan Inspektorat Daerah Provinsi Sulut, Dano Warouw, Kanwil DJP SuluttenggoMalut, Dhasa Midharma Putera, BPKP Perwakilan Sulut. Turut hadir Sekretaris Dinas Pendidikan Daerah Sulut Vileo Dondokambey dan Para Kepsek, Para Bendahara BOS serta para Operator Sekolah SMA, SMK, SLB se Sulut.

    Diketahui pelaksanaan Bimtek tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokel kesehatan (prokes) covid 19 yang ada.

    (ROKER)




    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dikda Sulut Gelar Bimtek Arkas Dana BOS SMA,SMK dan SLB se Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top