• Berita Terbaru

    June 26, 2014

    elnusanews/com , June 26, 2014

    Gubernur Sulut Panen Padi di Langowan

    Sulut, Elnusanews - Gubernur Sulawesi Utara DR Sinyo Harry Sarundajang melakukan Panen Benih Padi Sawah Desa Manembo Kecamatan Langowan Selatan di areal lahan kelompok tani penangkaran benih padi sawah. Acara yang dirangkaikan dengan pemberian bantuan dari Pemerintah Provinsi kepada kelompok tani berupa benih padi sawah, benih jagung, pupuk, hand tracktor, ternak sapi dan dana bantuan sosial dari Direktorat Jenderal Pengembangan Sarana dan Prasarana Pertanian  kepada 3 kelompok tani.

    Dalam sambutannya Gubernur Sulawesi Utara mengajak petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan banyak belajar dan sharing atau saling bertukar pengalaman baik antar sesama petani dalam daerah maupun para petani di luar daerah yang berhasil, selain itu perlu meningkatkan teknologi tepat guna dalam pertanian. Gubernur juga menekankan bagi petani untuk tidak boleh mengalihkan lahan sawah menjadi pemukiman karena areal pertanian di Indonesia semakin berkurang dan pengalihan fungsi lahan inilah salah satu penyebab menurunnya produktivitas tanaman padi. Terhadap bantuan sapi, Gubernur mengharapkan agar bantuan ini dipelihara sebaik-baiknya, jangan langsung dipotong, harus berproduksi 3 sd 4 kali, baru bisa dijual, itupun sebaiknya untuk membiayai pendidikan anak sekolah.

    Pada bagian akhir sambutannya Gubernur mengajak semua elemen masyarakat agar mampu mensukseskan pemilihan presiden dan wakil presiden 9 Juli 2014, jangan golput dan menjadikan demokrasi ini sebagai demokrasi yang bergembira ria, tidak boleh ada tekanan dan jangan sampai karena berbeda pilihan sesama saudara kemudian menjadi bermusuhan.

    Sebelumnya dalam laporannya Kepada Dinas Pertanian menyampaikan bahwa diharapkan kebutuhan benih padi sawah sebesar 50 ha dapat terpenuhi melalui panen ini.

    Sedangkan Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang dalam prakatanya menyatakan bahwa suatu hal yang mengembirakan karena ternyata produksi padi di Minahasa terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, hal ini karena upaya dan kerja keras dari petani serta terus menerus berusaha menemukan bibit padi dengan varietas yang unggul serta adanya pihak pengusaha yang turut memberikan andil dengan bermitra bersama petani dalam meningkatkan hasil pertanian.


    Nampak hadir mendampingi Gubernur dalam acara ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol  Jimmy Palmer Sinaga, SH, MH, Kabinda Sulut, Kajati Sulut, Wakil Bupati Minahasa, Kadis Pertanian Prov Sulut Ir. Johanis Panelewen, Kepala Bakorluh Prov Sulut. Ir. Jefry Senduk dan Sekda Kabupaten Minahasa Jefry Korengkeng, SH, Msi. (jr)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Sulut Panen Padi di Langowan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top