• Berita Terbaru

    June 11, 2014

    elnusanews/com , June 11, 2014

    SHS Ajak PNS Harus Netral

    SULUT,Elnusanews.com – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara DR Sinyo Hari Sarundajang, menekankan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk netral dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang. Hal ini disampaikan Gubernur Sulut pada Selasa 10 Juni 2014 diruang  kerja Gubernur Sulawesi Utara Jl. 17 Agustus No. 69 Manado. “Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur Aparatur Negara, bertanggung jawab kepada Negara dengan tugas memberikan pelaporan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintahan dan pembangunan. Dalam kedudukan dan tugas tersebut PNS harus netral dari pengaruh semua golongan dari partai politik serta tidak diskriminatif dalam tugasnya sebagai pelayanan masyarakat,” ungkap Sarundajang.
    Arti netralitas menurut Gubernur bukan berarti PNS buta politik dan tidak peduli dengan perkembangan politik. “Sebagai aparatur negara PNS harus memahami perkembangan politik yang terjadi sehingga tidak mudah dipermainkan oleh tarik menarik kepentingan politik yang ada,” katanya.
    Lanjut Sarundajang, sebagai warga Negara mempunyai Hak untuk berpolitik karena dibenarkan oleh undang-undang. “Disisi lain sebagai warganegara, PNS  mempunyai hak politik karena sesuai UU No. 42 Tahun 2008 dinyatakan bahwa pegawai negeri sipil sebagai warganegara dan anggota masyarakat yang diperbolehkan mengikuti kegiatan dan anggota masyarakat diperbolehkan mengikuti kegiatan kampanye,” lanjut Sarundajang.

    Menurut Sarundajang, soal netralitas PNS memang sering dipertanyakan kepadanya mengingat dia telah menyatakan diri menjadi Tim Sukses Pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kala sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, namun sebagai Gubernur Sulawesi Utara tugas-tugas Pemerintahan dan Pembangunan tetap dijalankan dan tidak mengganggu Pelayanan Publik. Hal ini dibuktikan dengan tetap intensnya Gubernur datang di kantor, memimpin rapat dan menghadiri undangan - undangan sosial kemasyarakatan, pungkas Sarundajang.(jr)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SHS Ajak PNS Harus Netral Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top