• Berita Terbaru

    October 22, 2020

    elnusanews/com , October 22, 2020

    CSWL Bakal Bentuk Lembaga Otoritas Pengembangan Pariwisata di Tomohon

    TOMOHON,Elnusanews - Kota Tomohon yang memiliki berbagai potensi dibidang kepariwisataan, sangat strategis untuk dikelola secara profesional. Apalagi citra kota Tomohon sudah mulai melekat sebagai kota pariwisata.


    Hal ini dikatakan oleh calon walikota Tomohon, Caroll Senduk, Kamis (22/10/2020).


    Caroll sapaan akrabnya mengatakan kedepan untuk mempercepat pengelolaan kepariwisataan kota Tomohon, diupayakan akan dibentuk kelembagaan otoritas pengembangan kepariwisataan terpadu Kota Tomohon. 


    "Alasan pentingnya kelembagaan ini karena untuk menjadikan kota Tomohon sebagai kota pariwisata dunia tidak boleh dikelola secara parsial dan hanya berbasis pada tupoksi dinas kepariwisataan saja, melainkan harus melibatkan semua para pihak kepariwisataan di kota Tomohon untuk duduk dalam satu wadah kelembagaan," bebernya.


    Lanjutnya posisi dinas kepariwisataan hanyalah menjalankan dan membuat regulasi kepariwisataan, sedangkan lembaga otoritas kepariwisataan adalah lembaga yang mengelola kepariwisataan berdasarkan prinsip-prinsip manajemen kepariwisataan, mulai dari pemetaan potensi pariwisata, pemasaran pariwisata, rekomendasi sarana penunjang kepariwisataan, penguatan kapasitas pelaku kepariwisataan, riset dan pengembangan kepariwisataan bahkan usulan penunjang infrastruktur kepariwisataannya. 


    "Hal ini penting agar lembaga otoritas kepariwisataan mampu menghasilkan pendapatan dan penerimaan keuangan daerah dalam rangka menambah dan meningkatkan APBD kota Tomohon. Sekaligus berdampak pada peningkatan dan geliat ekonomi kerakyatan kepariwisataan kota Tomohon. Selama ini isue kepariwisataan kota Tomohon hanya berbasis pada program parsial dinas pariwisata, sehingga hanya akan menguras anggaran belanja daerah. Akan tetapi, jika kota Tomohon memiliki lembaga otoritas pengembangan kepariwisataan terpadu maka kesinambungan program akan berjalan optimal yg didasari oleh rencana aksi yang konkrit,' lanjutnya.


    Senada dengan Caroll, calon Wawali kota Tomohon, Wenny Lumentut menambahkan kehadiran lembaga ini akan memperkuat sinergitas kepariwisataan nasional dan daerah, sehingga level kota Tomohon yang baru sebatas pada daerah potensi strategis kepariwisataan, naik menjadi daerah strategis kepariwisataan. 


    "Dampaknya adalah pemerintah pusat akan menetapkan kota Tomohon dalam rencana strategis kepariwisataan nasional. Dengan demikian manfaatnya besar buat Kota Tomohon yakni menjadi kota destinasi pariwisata yang teragendakan secara nasional dan terpromosikan ke negara-negara lain.

    Kunci utamanya adalah pemerintah harus memiliki dokumen Rencana Induk Kepariwisataan yang sudah menjadi kewajiban setiap daerah yang memiliki visi dan misi sebagai daerah pariwisata," tandas WL sapaan akrabnya.


    (ROKER/*)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: CSWL Bakal Bentuk Lembaga Otoritas Pengembangan Pariwisata di Tomohon Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top