• Berita Terbaru

    October 20, 2020

    elnusanews/com October 20, 2020

    Jadi Pembicara Di Kegiatan Bimtek Anggota DPRD Jayapura, Ini Harapan MJP

     


    DEPROV, Elnusanews -- Anggota DPRD Melky Jakhin Pangemanan (MJP), Selasa (20/10/20) pagi, menjadi Narasumber/Pembicara dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan Topik: “Pendalaman Realokasi dan Refocusing untuk APBD Perubahan 2020” bagi Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

    Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Kajian Pemerintahan dan Strategi Pembangunan (LKPSP) bertempat di Best Western The Lagoon Hotel, Kota Manado.

    Dikatakan Politisi PSI ini, tujuan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Jayapura untuk menata APBD Perubahan sesuai kebutuhan. 

    "Penyusunan APBD perubahan tahun 2020 tentu akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena harus menyesuaikan dengan kondisi di tengah Pandemi Covid19," kata MJP. 

    Penyesuaian anggaran menurut MJP penting untuk dilakukan DPRD untuk memenuhi kebutuhan penanganan CVD melalui refocusing dan realokasi anggaran yang diarahkan untuk penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial (social safety net).

    Dalam kesempatan tersebut juga, MJP menjelaskan pokok-pokok pikiran realokasi dan refocusing APBD Perubahan berdasarkan pengalaman dan acuan sejumlah peraturan (UU Nomor 1 Tahun 2020, Kepres 11 Tahun 2020, Kepres 12 Tahun 2020, Keputusan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 177/KMK.07/2020) untuk bisa menjadi masukan bagi DPRD Kabupaten Jayapura. 

    "Sehingga dalam menjalankan fungsi budgeting pada situasi pandemi DPRD mampu melakukan filterisasi, realokasi dan refocusing untuk membangun postur dan arah kebijakan keuangan daerah yang lebih efektif, efisien, patut dan wajar," tandasnya. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jadi Pembicara Di Kegiatan Bimtek Anggota DPRD Jayapura, Ini Harapan MJP Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top