• Berita Terbaru

    July 24, 2017

    Elnusanews July 24, 2017

    Bahas Dinamika Politik Saat Ini, Diskusi Rumah Kopi GKPMI Bakal Rutin Dilaksanakan


    Foto ; Susana diskusi rumah kopi

    MANADO,Elnusanews – Gereja Kalvari Pentakosta Missi Di Indonesia (GKPMI) Jemaat "Betlehem" Manado, Jumat (21/07) kemarin, menggelar Diskusi Rumah Kopi yang mengangkat tema peran Departemen Pemuda dan Remaja GKPMI.

    Diskusi yang menghadirkan pemerhati politik dan pemerintahan Paul Adrian Sembel, Akademisi Unsrat Manado Ferry Liando, dan Ketua KNPI Manado Gabriel Erick Kawatu tersebut di moderatori oleh Gladly Taliawo.

    Ketua Panitia Gladly Benly Taliawo dalam pengantar pembukaan mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan membuka wawasan berpolitik dalam memberikan sumbangsih terhadap daerah guna menyikapi dinamika politik negara umumnya dan Sulut khususnya. Selain itu diharapkan akan mampu mengajak pemuda gereja untuk mengambil peran aktif dalam politik.

    "Politik bukanlah dosa tapi sangat dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan yang bersih dan kesejahteraan sosial selain itu dengan basis iman yang tubuh dari gereja akan membawa pemuda nantinya dalam politik yang bermoral," tegas Taliawo.

    Sementara itu, pemerhati politik dan pemerintahan Paul Adrian Sembel menjelaskan secara sederhana mengenai arti politik, dimana menurutnya politik mengandung pengertian ialah permainan kekuatan. Sementara politik pemerintahan adalah kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh lembaga-lembaga pemerintahan.

    “Saya tidak ingin berteori, tetapi secara umum saya menyampaikan pengertian secara sederhana apa itu politik. Karena politik mempunyai definisi yang banyak tetapi kita tidak akan berbicara mengenai teori tetapi secara sederhana politik itu bisa diartikan sebagai permaian kekuatan,” jelas mantan anggota DPRD Kota Tomohon ini.

    Dirinya juga menandaskan bahwa dalam teori kekuasaan lembaga politik dikenal dengan Trias Politica, dimana Eksekutif adalah pemerintah, Legislatif adalah lembaga DPR dan DPRD, dan Yudikatif adalah lembaga-lembaga peradilan.

    Diskusi tersebut menurut ketua panitia Glad Taliawo akan rutin dilaksanakan dan akan menghadirkan para pembicara-pembicara yang handal. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahas Dinamika Politik Saat Ini, Diskusi Rumah Kopi GKPMI Bakal Rutin Dilaksanakan Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top