• Berita Terbaru

    July 27, 2017

    elnusanews/com , July 27, 2017

    Optimalkan Program ODSK, Distanak Pacu Penanaman Jagung



    SULUT,Elnusanews - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah (Distanak) berupaya mengoptimalkan program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut (Olly Dondokambey dan Steven Kandouw) yakni Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan dibidang Pertanian.Bertempat di Kelurahan bengkol, Kecamatan Mapanget Kota Manado, Kamis, 27/7/2017) Plt Kadis Pertanian dan Peternakan (Distanak) Daerah Provinsi Sulut, Arie Bororing, Kadis DPKP Kota Manado Nolfie Talumewo, Kepala BPSB Provinsi Sulut Johnny Watulangkouw bersama kelompok tani melakukan penanaman jagung secara bersamaan dalam upaya mengoptimakan program ODSK dibidang Pertanian. 

    Usai melakukan penanaman jagung, kepada awak media, Plt Kadistanak Sulut Arie Bororing mengatakan, ini merupakan salah satu target program ODSK di Sulawesi Utara. "Kegiatan pengembangan jagung, saya kira sudah cukup berhasil di semester pertama dan sekarang masuk semester kedua. Realisasinya sudah mencapai 60 persen, kita berharap dengan cuaca/iklim yang baik, target yang diharapkan pemerintah bisa tercapai bahkan terlampaui," ujarnya. 

    Dikatakannya, melihat kondisi di lapangan begitu antusias kelompok tani akibat harga jagung yang cukup menjanjikan sehingga masyarakat sangat antusias untuk melakukan penanaman jagung. "Dibandingkan dengan komoditi lainnya, sebenarnya jagung ini disisi budidaya tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan seperti tanaman padi dan holtikultura lainnya sehingga masyarakat atau petani masih merasa lebih untung untuk mengusahakan komoditi jagung ini yang memang primadona masyarakat Sulawesi Utara," terangnya, sembari mengatakan dari target 321 ribu Ha, sementara realisasi berdasarkan data dari BPS sudah mencapai 190 ribu Ha. 

    Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat petani jangan berhenti menanam, karena dukungan ataupun sarana prasarana tetap diupayakan untuk tersedia, baik pasca panen ataupun sampai harga jualnya dijamin oleh pemerintah. "Jadi, tidak ada alasan kalau masyarakat tidak mau menanam dan menanam," pungkasnya. 

    (ROKER)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Optimalkan Program ODSK, Distanak Pacu Penanaman Jagung Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top