• Berita Terbaru

    June 17, 2020

    elnusanews/com June 17, 2020

    Pertemuan Daring Edisi Ke-10 “Sekolah Baku Beking Pande”

    SULUT, Elnusanews -Di tengah pandemic covid-19 yang tengah melanda, kesiapan penyelenggara pemilu terkait Alat Pelindung Diri (APD) saat ini memang belum dituntaskan. Namun telah dianggarkan dan akan segera disalurkan kepada jajaran Bawaslu dalam pelaksanaan Pilkada Tahun 2020.

    Terkait dengan tahapan Pilkada, dimana saat ini akan dilaksanakan coklit, yang kemungkinan besar akan terjadi pula penolakan dari sebagian masyarakat pada pelaksanaannya, maka hal ini menjadi tantangan bagi jajaran penyelenggara pemilu, baik Bawaslu maupun KPU.
    Karena itulah maka bagi jajaran Bawaslu harus mengedepankan pencegahan demi menjaga nilai-nilai, kualitas serta integritas pilkada, khususnya di Sulawesi Utara.

    Di sisi lain, Bawaslu harus memiliki langkah dan pengetahuan yang lebih dari KPU dalam melaksanakan tahapan pilkada. Ini karena potensi kerawanan tidak hanya dalam permasalahan indikasi pelanggaran-pelanggaran dalam pilkada, namun juga dari segi kesehatan dan keselamatan ditengah pandemic covid-19.

    Demikian disampaikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulut, Herwyn Malonda ketika memberi arahan sekaligus membuka kegiatan pertemuan daring “Sekolah Baku Beking Pande” yang diikuti oleh Bawaslu Kabupaten/Kota dan Panwascam se-Sulut  pada Rabu siang tadi (17/06/2020).
    Masih dalam sambutannya, Malonda menyampaikan bahwa untuk ke depannya akan dilaksanakan rakor.untuk meningkatkan SDM jajaran Bawaslu hingga ke tingkat Kelurahan/Desa.

    “Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan rapat koordinasi bersama teman-teman Panwascam untuk menyusun kegiatan yang melibatkan Panwaslu Kelurahan/Desa demi meningkatkan SDM jajaran Bawaslu Provinsi Sulut pada pelaksanaan pilkada".

    Terkait dengan materi saat ini, menjadi catatan bersama bagi SDM di jajaran Bawaslu hingga Panwaslcam untuk menjaga kepercayaan dan integritas sebagai penyelenggara pemilu di mata masyarakat.

    Kemudian sebagai penyelenggara pemilu harus memiliki sikap yang netral serta tidak berpihak kepada golongan atau kelompok-kelompok tertentu, apalagi di masa yang sulit seperti saat ini yang dilanda wabah.

    Mantan Anggota Bawaslu Provinsi Sulut periode pertama, Johny Alexander  Suak, yang kini menjabat sebagai Ketua Jaringan Demokrasi Sulut, menjadi narasumber pada kegiatan daring ini.

    Dalam pemaparannya Suak banyak menyampaikan tentang nilai-nilai dasar penyelenggara pemilu dalam melaksanakan pengawasan di tahapan pilkada saat ini di tengah pandemic covid-19, Disampaikannya pula bahwa yang menjadi prioritas bagi penyelenggara pemilu adalah integritas yang tinggi dan sikap professional.

    Menurutnya hal ini juga sangat erat kaitannya dengan kejujuran.

    “Untuk dapat dinilai dan mengambil kepercayaan dari masyarakat yang memang memiliki kedaulatan untuk menggunakan hak pilihnya, maka ini akan berkenaan dengan nilai-nilai bagi penyelenggara pemilu. Nilai-nilai itu adalah; ‘taat asas dan taat peraturan’, ‘memperkuat integritas pengawasan pemilu’, ‘mengawal integritas  penegakan hukum pemilu,’ ‘meningkatkan kapasitas kelembagaan pengawas pemilu’, serta ‘mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat sipil.” urai Suak mengakhiri materinya.

    Sebelum kegiatan “Sekolah Baku Beking Pande” berakhir, Ketua Bawaslu Sulut kembali mengingatkan kepada peserta untuk menjaga sikap sebagai penyelenggara pemilu.

    “Sebagai penyelenggara pemilu kita harus memiliki pilihan-pilihan atau tindakan yang tepat dan sesuai dengan tugas dan wewenang. Karena itu sudah menjadi kewajiban kita, sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Selain itu, juga bisa menjadi informasi dasar dengan data-data yang ada sekarang dan sudah terjadi saat ini, terkait dengan potensi serta indikasi pelanggaran-pelanggaran yang mungkin telah dilakukan oleh bakal calon. Semuanya dapat dijadikan kajian oleh kelembagaan kita untuk menjaga integritas dan martabat dalam pilkada tahun 2020 ini. Bukan hanya itu, namun sebagai bagian dari jajaran bawaslu, kita juga harus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan larangan-larangan sesuai dengan peraturan yang berlaku.” ujar Malonda.
    .
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pertemuan Daring Edisi Ke-10 “Sekolah Baku Beking Pande” Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top