• Berita Terbaru

    June 19, 2020

    elnusanews/com June 19, 2020

    Turun Sampai Akar Rumput, DPRD Dapil 2 Mitra Evaluasi Sejumlah Pemanfaatan Anggaran Dandes

    MITRA, Elnusanews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) marathon gelar pengawasan pemanfaatan dana desa (Dandes) ditengah masa Pandemi Covid-19 sepekan ini.

    Pengawasan tersebut, dibagi dalam daerah pemilihan (dapil) masing-masing oleh sejumlah anggota legislatif, berdasarkan jadwal kunjungan kerja (kunker) hari ini Jumat (19/6/2020), untuk dapil 2, di Kecamatan Belang oleh Artly Kountur, Amar Kosoloi, Chris Rumansi dan Ibrahim Rakimin, jalankan kesepakatan yang telah disepakati juga oleh Ketua DPRD bersama Wakil DPRD Mitra.

    Lepas pekan ini, sejumlah pertemuan telah dirampungkan. Dari hasil evaluasi ada sejumlah temuan yang didapati namun langsung diinstruksikan kepada setiap kepala desa untuk dibenahi lagi.

    Kesempatan tersebut Ketua Komisi I Artly Kountur mengatakan, ini merupakan tugas kami selaku anggota legislatif dalam acuan terkait pemerintahan daerah yang masuk dalam 3 fungsi DPRD yakni legislasi, bugedting, dan pengawasan.

    "Untuk saat ini, kita jalankan masalah pengawasan yang ada didalam daerah. Memang meninjau hingga ke akar rumput sangat perlu. Dan memang sebagai pertanggungjawaban moral," tutur Kountur.

    Ditekankan, hal ini perlu menjadi perhatian bagi para Kumtua. Kunjungan ini bukan untuk mencari kesalahan disetiap desa yang ada.

    Namun sebagai pemerintah siap membantu dan meluruskan bila didapati kendala saat evaluasi kita lakukan.

    "Seperti halnya, dari setiap penjelasan semua Kumtua terkait Anggara Dandes yang ada. Mulai dari pemotongan 25 Persen untuk penanganan Covid-19, dan 0,1 persen dari kementrian langsung, diharapakan sisa anggaran yang ada bisa dimanfaatkan dan diatur dengan baik dan benar," pungkas Kountur.

    Selaku DPRD mengharapakan, dengan anggaran yang ada saat ini, diminta agar penggunaannya harus jelas.

    "Yang perlu diperhatikan juga masalah pendataan dari penerima manfaat yang masuk dalam 25 Persen penanganan Covid-19 yang meliputi BLT DD dan pengadaan tong cuci tangan dan thermogun. Jangan ada kekeliruan, sehingga tidak menimbulkan masalah hukum nantinya," jelas Ketua Komisi I.

    Sementara itu, Ketua Komisi III Chris Rumansi menambahkan, perlu diperhatikan lagi dalam penyaluran BLT DD Tahap II ini.

     "Seperti yang telah kita sampaikan kepada setiap kepala desa, agar jangan sampai ada penyaluran tumpang tindih dari penerima manfaat. Karena kebijakan daerah berbeda dengan kebijakan pemerintah pusat," jelas Rumansi. (M-Rio)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Turun Sampai Akar Rumput, DPRD Dapil 2 Mitra Evaluasi Sejumlah Pemanfaatan Anggaran Dandes Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top