• Berita Terbaru

    June 17, 2020

    elnusanews/com , June 17, 2020

    Wujudkan Ketahanan Pangan, Gubernur Olly Tancap Gas Kendarai Traktor Tanda Masa Tanam II Dimulai

    Gubernur Sulut Olly Dondokambey Saat Mengendarai Traktor.
    SULUT,Elnusanews - Dalam rangka mengoptimalkan Program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di sektor Pertanian. Maka, Garda Pertanian di Sulawesi Utara, terus berperang melawan pandemi Covid 19, dengan terus memacu petani untuk menanam dan menanam lagi untuk mewujudkan "Sulut Semakin Hebat" dan petani sejahtera.

    Rabu, (16/6/2020) Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan penanaman padi dalam rangka pencanangan gerakan percepatan olah tanah dan penanaman padi masa tanam kedua tahun 2020 di Desa Touliang, Kecamatan Kakas Barat, Kabupaten Minahasa, Rabu (17/6/2020).

    Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Utara, langsung melakukan pengolahan lahan petani sekitar 5 ha dari 200 ha di desa Touliang Kakas Kabupaten Minahasa.

    Gubernur Olly Dondokambey mengatakan pemerintah dukung penuh masyarakat petani (pelaku utama) pertanian untuk wujudkan ketahanan pangan di Sulawesi Utara.

    "Hadirnya Garda Alsintan di Sulawesi Utara. Sulawesi Utara tidak ada lagi lahan yang tidak dimanfaatkan. Petani boleh tidor, tetapi lahan jangan sampai tidor," Kata orang nomor satu di Sulut itu.

    Ia berharap hujan dapat baik turunnya saat para petani sedang bersiap mengolah lahan.

    "Pemerintah akan bekerjasama dengan kelompok tani, menyiapkan fasilitas sarana produksinya. Bibit pasti tersedia. Karena saat ini di Sulawesi Utara masuk pada daerah penghasil bibit unggul padi jagung dan kedelai spesifik lokalita," ungkapnya.

    Hamparan yang disiapkan petani sekitar 5 ha, dalam satu putaran saja yang dikomandani oleh Olly Dondokambey, langsung rata. 5 traktor roda empat (TR-4) lengkap dengan rotary menggiling lahan yang disiapkan Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut dan kabupaten Minahasa, melalui Garda Alsintan berpacu bergerak mengolah lahan.

    Gubernur Olly tanpa canggung mengendarai TR-4 mengilas lahan. Diikuti oleh Skeretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Anggota Dewan. Juga tidak ketinggalan Kadis Pertanian Provinsi Ir.Novly Wowiling, MSi. dan Kepala Dinas Pertanian Minahasa Jietty Roring, SP. dan ketuan HKTI Minahasa, ikut mengilas lahan untuk disiapkan tanam.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Sulut, Novly Wowiling mengatakan mekanisasi pertanian menjadi kebutuhan petani saat ini. "Agar harapan petani panen dengan produksi maksimal boleh terwujud," imbuhnya.

    Lanjutnya, kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protocol Pandemik Covid-13 di masa new normal.

    "Sehingga sebelum pelaksanaan pencanangan para peserta mengikuti test dan dibatasi saja yang akan terlibat di lokasi," tandasnya.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wujudkan Ketahanan Pangan, Gubernur Olly Tancap Gas Kendarai Traktor Tanda Masa Tanam II Dimulai Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top