• Berita Terbaru

    June 18, 2020

    elnusanews/com June 18, 2020

    Warga Sekitar Eks Rm Dego - Dego Pertanyakan Langkah Pemkot Selanjutnya dan Buka Peluang Mediasi

    MANADO, Elnusanews -- Pemerintah kota (Pemkot) Manado melalui Dinas Penanaman Modal dan Perjanjian Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) melakukan langkah tegas dengan mengeluarkan surat penghentian kegiatan pembangunan di gedung eks RM Dego - Dego, Jl Wakeke 15, Kelurahan Wenang Utara.

    Langkah tersebut mendapat pujian dan apresiasi dari warga sekitar Bangunan tersebut. Namun warga sekitar yakni Yudi Sompotan (tetangga samping kiri), Elnike Mowilos (samping kanan), dan Christin Nancy Howan (Belakang) tetap meminta kejelasan terkait langkah selanjutnya yang akan di tempuh oleh Pemkot Manado.

    "Kami mengapresiasi tindakan yang telah diambil oleh Pemkot Manado dengan mengeluarkan surat pemberhentian pembangunan, namun kami masih menunggu langkah apa selanjutnya yang akan di ambil oleh pemerintah," ujar Yudi Sompotan dan tetangga lainnya.

    Mereka menegaskan, tidak memiliki niat untuk menghalang-halangi pembangunan bangunan tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu disepakati pihak pemilik bangunan dan para tetangga, di antaranya menyangkut tata letak bangunan dan keselamatan dari warga di sekitar gedung tersebut.

    “Waktu kejadian kebakaran (Eks RM-Dego-Dego) 2017 lalu, rumah saya juga ikut terbakar dan kerusakannya sangat parah juga mengakibatkan kerugian yang cukup besar. Saya tidak ingin kejadian seperti itu terjadi lagi,” ungkap Elnike.

    Hal yang sama dikatakan Nancy Howan yang rumahnya tepat di bagian belakang lokasi proyek bangunan. Menurut dia, faktor keselamatan warga harus menjadi perhatian utama.

    “Ini penting, karena menyangkut keselamatan warga,”ucap Nancy.

    Sebelumnya pada pada 8 Juni 2020 lalu, mereka sudah membawa surat keberatan baik ke pihak Pemkot Manado dan DPRD Kota Manado. Pemkot sudah mengambil tindakan pemberhentian pembangunan, namun, mereka masih menunggu upaya selanjutnya dari pemerintah.

    “Begitu juga dengan DPRD, kami menunggu tindaklanjut, apakah akan hearing atau seperti apa,” tutur Yudi.

    Yudi juga menyebut, sebelumnya sudah ada upaya mediasi yang difasilitasi oleh Pemerintah Kelurahan Wenang Utara, namun mediasi tersebut berkakhir buntu.

    “Kami masih terbuka dengan upaya mediasi, karena ini juga untuk kenyamanan kita bersama. Kalaupun ada mediasi lanjutan kami ingin pemilik untuk bisa bertemu langsung tidak diwakili sehingga boleh ada titik temu,” tegas Yudi diiyakan para tetangga lain.

    Sementara Lurah Wenang Utara, Gretty Kawilarang yang dikonfirmasi via telepon mengatakan sudah merencanakan mediasi antara pihak pemilik bangunan Eks RM Dego-Dego dan para tetangga.

    “Rencananya dalam satu atau dua hari ini,”singkat Kawilarang. (Tr-10)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Sekitar Eks Rm Dego - Dego Pertanyakan Langkah Pemkot Selanjutnya dan Buka Peluang Mediasi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top