• Berita Terbaru

    June 02, 2021

    elnusanews/com , June 02, 2021

    169 Puskesmas di Sulut Sudah Terakreditasi, dr Lidya Ingatkan Sinergitas Kab/Kota

    SULUT,Elnusanews - Puskesmas merupakan unit layanan kesehatan primer yang lebih mengutamakan upaya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan daripada pengobatan dan rehabilitasi penyakit. 

    Di Puskesmas sendiri memiliki program-program utama yang lebih fokus pada kesehatan perseorangan dan masyarakat di daerah yakni berupa program seperti pos pelayanan terpadu (posyandu), Puskesmas keliling serta pelatihan kader yang bertujuan untuk pencegahan dan menanggulangi masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

    Selama ini masih saja ada masyarakat yang memandang sebelah mata tentang pelayanan Puskesmas, oleh karena terbatasnya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan di Puskesmas.
    Oleh karena itu, pemerintah melakukan usaha peningkatan mutu di Puskesmas, salah satunya ialah dengan dilakukannya akreditasi.

    Akreditasi Puskesmas ialah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan serta keselamatan pasien.

    Berdasarkan data yang ada, dari 195 Puskesmas yang ada di daerah bumi nyiur melambai Sulawesi Utara (Sulut) yang sudah terakreditasi sebanyak 169 Puskesmas sudah memiliki sertifikat akreditasi dasar maupun utama.

    “Dari 195 Puskesmas di Sulut, yang sudah terakreditasi sebanyak 169 Puskesmas yang tersebar di 15 Kab/Kota se Sulut. Masih ada 26 Puskesmas di daerah ini yang belum terakreditasi karena masih dalam penilaian pihak Kemenkes RI. Seharusnya target tahun 2020 seluruh Puskesmas di Sulut sudah terakreditasi tapi tidak dilakukan survey oleh Tim Kemenkes dikarenakan Pandemi covid 19," kata Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulut, Dr.Debie KR Kalalo Msc.PH, melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Daerah Sulut, Dr.Lidya.E.Tulus Mkes, Rabu (2/6/2021) kepada elnusanews.com.

    Lanjut dr Lidya sapaan akrabnya mengatakan, tahun 2021 ini pihaknya terus mendorong Kemenkes RI untuk melakukan survey penilaian.

    "Karena target kami tahun 2021 ini 26 Puskesmas di Sulut sudah bisa terakreditasi sesuai harapan pak Gubernur Olly dan Wakil Gubernur Steven Kandouw. Untuk itu dr Lidya berharap sinergitas Provinsi dan Kab/Kota semakin solid bisa memacu pencapaian target akreditasi Puskesmas di Kab/Kota untuk kepentingan Pelayanan Kesehatan dasar bagi seluruh masyarakat di Sulut yang terstandar. "Sehingga dapat mencapai peningkatan derajat kesehatan masyarakat," tandas dr Lidya Tulus itu.

    (ROKER)


    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 169 Puskesmas di Sulut Sudah Terakreditasi, dr Lidya Ingatkan Sinergitas Kab/Kota Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top