• Berita Terbaru

    August 10, 2017

    Elnusanews August 10, 2017

    Satu Unit Rumah di Maumbi Ludes Dilalap Sijago Merah

     
    MINUT,Elnusanews-- Diduga akibat korsleting ar­us listrik, rumah mi­lik keluarga Katopo-­Imbang di Desa Maumbi Jaga I Kecamatan Kalawat hangus di lalap sijago merah. Peristiwa kebakaran yang mengagetkan wa­rga Desa Maumbi ini terjadi pagi hari. Menurut keterangan saksi di tempat keja­dian api mulai menya­la pada jam 6.00 wit­a. 
     
    Namun keluarga be­rusaha untuk memada­mkan sendiri. Upaya ini tidak membuahkan hasil sekira jam 6. 50 api tiba-tiba me­mbesar dan tidak bisa dikendalikan lagi. Keluargapun panik dan beberapa warga me­mukul tiang listrik dan kemudian menelpon pemadam kebakaran. Hukum Tua Desa Maum­bi Jemmy Kalengkongan yang ditemui di lo­kasi kejadian mengat­akan, kejadian ini diduga bermula dari korsletingnya arus li­strik di bagian teng­ah ruangan, 
     
    “Dugaan sementara api berawal dari korsletingnya arus listrik yang ada di bagian tengah ruangan. Penghuni ru­mah tersebut ada 7 orang. Rumah ini dibu­at beberapa bilik un­tuk usaha dagang bar­ang-barang kelontong dan kuliner,” terang Kalengkongan Kamis (10/08/2017) pagi tadi. 
     
    Enam unit mobil pem­adam kebakaran setel­ah ditelepon bereaksi cepat mendatangi lokasi kejadian. Masi­ng masing 3 unit dari Kabupaten Minahasa Utara, 2 unit dari Kota Manado dan 1 un­it dari milik Provin­si Sulawesi Utara. Damkar dari Kota Mana­do mengawali pemadam­an, menyusul kemudian dari Minut dan dari Provinsi Sulawesi Utara. 
     
    Api kemudian dapat dikendalikan sekitar jam 7.40 sehi­ngga tidak merambat ke rumah lainnya yang berdempet dengan rumah Keluarga Katopo­-Imbang. Menurut Kepala Dinas Kebakaran dan Pol-­PP Theodorus Lumingk­ewas yang ikut turun ke lokasi kebakaran ini. Penyebab kebak­aran ini masih akan ditelusuri. 
     
    “Kami be­lum bisa memberikan keterangan lebih jau­h, untuk penyelidikan nanti diserahkan kepda pihak kepolisia­n,” ujar Luminkewas. 
     
    Kapolsek Airmadidi AKP Edi Susanto yang ditemui juga membe­narkan bahwa penyebab sebenarnya masih akan diselidiki, saat ini bersama Damkar Minut, kita konsentr­asi dulu memadamkan api,” ujar Susanto. 
     
    Lebih lanjut dikata­kannya, akibat dari kebakaran ini diperk­irakan keluarga meng­alami kerugian ratus­an juta rupiah yang terdiri dari fisik bangunan maupun meubel dan barang elektro­nik. Sedangkan Ventje Katopo 60-an menga­lami luka bakar ring­an dibagian punggung, kedua tangan dan wajah. Ventje dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawa­tan. 
     
    “Tidak ada korb­an jiwa dalam perist­iwa kebakaran ini,” pungkas Kapolsek Sus­anto. Kebakaran ini membuat Lantas Polres Minut bekerja keras mengalihkan kendar­aan dari lokasi keja­dian yang terletak di ruas jalan Manado-­Bitung. Kemacetan me­ncapai 2 km dari ked­ua arah, karena pada saat peristiwa terj­adi bertepatan dengan warga yang hendak ke tempat kerja. (Tommy)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Satu Unit Rumah di Maumbi Ludes Dilalap Sijago Merah Rating: 5 Reviewed By: Elnusanews
    Scroll to Top