• Berita Terbaru

    May 15, 2019

    elnusanews/com May 15, 2019

    Wakili Bupati ROR, Kasenda Hadiri HUT ke-31 Desa Kalawiran

    MINAHASA, Elnusanews – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Ir. Dolfie Kasenda M,Sc Menghadiri HUT ke-31 Desa Kalawiran Kecamatan Kombi, Rabu (15/05/2019).

    Perayaan HUT Desa ini diawali dengan ibadah yang dipimpin Pdt. Martha Tampil STh sekaligus bertugas selaku Kadim dengan  mengambil pembacaan dari Mazmur 111:1-11.

    Hukumtua Desa Kalawiran Johanes Lintang menyapaikan sejarah singkat berdirinya desa, dimana pada awal mula Desa Kalawiran masih hutan besar sehingga dinamakan Totou. Karena dahulu masih banyak melihat yang aneh, sehingga pada waktu itu, warga takut mendirikan kampung.

    Semula, tempat ini hanya menjadi persinggahan  bilamana warga mau ke wilayah pantai. Sedangkan wilayah tersebut milik warga bermarga Kawilarang. Warga akhirnya mengolah wilayah tersebut menjadi area perkebunan. Mereka bercocok tanam sambil mengajak warga lain yang berasal dari Tondano, Marawas dan Kasuratan.

    Sehingga, desa ini dinamakan Desa Kalawiran. Pada tahun1942 -1952 Desa ini masuk dusun jauh dari Desa Kinaleosan dan Makalisung. Pada tahun1952-1988 desa ini dimasukan dusun jauh dari Desa Makalisung dan pada tahun 1988, Mowilos Langi menjadi Hukumtua, dilanjutkan oleh Sekretaris Welem Sangari dan pada 1993 dilaksanakan pemilihan Hukumtua Kalawiran dan terpilih Lourens Langi, lalu tahun selanjutnya ibu Langi.

    Di saat menunggu pemilihan ditunjuk Ellen Muntu sebagai penjabat selama 3 tahun, dan selanjutnya pada pemilihan tahun 2017, Johanis Lintang terpilih sebagai Kepala Desa (Hukumtua).

    Sementara Bupati Minahasa dalam sambutan yang diwakili  Kasenda berharap agar masyarakat Desa Kalawiran terus menunjang program pemerintah dan tidak alergi memberikan masukan kepada pemerintah, kepada Hukumtua dan TP PKK desa.

    Juga sebaliknya, dimana Hukumtua dan TP PKK desa tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat Desa Kalawiran.

    Kasenda juga memaparkan program Pemkab Minahasa yang terus digenjot dan direalisasikan Bupati ROR dan Wabup Robby diantaranya; dana duka, pemberian seragam untuk anak kelas satu SD dan satu SMP, BPJS kelas 3, honor guru ada kenaikan, insentif tokoh tokoh agama sudah berjalan.

    Hadir pada acara ini Camat Kombi Dra. Meita Aguw, Danramil Kombi Peltu J Siahaan, Kapolsek Kombi Ipda Ferddy Pelengkahu, Kumtua Kombi Sem Rambing, Kumtua Makalisung Piet Senduk, tokoh agama/masyarakat serta perangkat dan masyarakat Desa Kalawiran.

    (jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wakili Bupati ROR, Kasenda Hadiri HUT ke-31 Desa Kalawiran Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top