• Berita Terbaru

    May 20, 2019

    elnusanews/com , May 20, 2019

    Pemkab Minahasa Gelar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 111

    MINAHASA, Elnusanews - Pemerintah Kabupaten Minahasa, Senin 20/5/2019 menggelar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-111 bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa. 
    Bertemakan “Bangkit Untuk Bersatu” Peringatan ini diawali dengan upacara bendera. 



    Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si yang bertindak sebagai inpektur upacara saat membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara terkait naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton yaitu Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi Tan Ayun Amuktia Palapa, Sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, TaƱjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”. 


    Menurut Wabup Robby, ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa”. 

    Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti, umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan kesenangan diri sang Mahapatih Gajah Mada. 


    Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara. “Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. 

    Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini. 

    Lanjutnya, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. 


    “Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa,” tutup Wabup RD. 


    Upacara peringatan Harkitnas turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R Korengkeng, SH, MSi, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, SH, Wakil ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Dandim 1302 Minahasa Letkol inf Slamet Raharjo, S Sos, MSi, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Para Veteran, Unsur Kepemudaan dan seluruh ASN dilingkup pemkab Minahasa. Usai upacara, Wabup beserta rombongan melanjukan kegiatan dengan ziarah dan tabur bunga di Makam pahlawan Dr Sam Ratulangi, Tondano. 

    (Advetorial/Jonly bamz)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Minahasa Gelar Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 111 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top