• Berita Terbaru

    May 20, 2019

    elnusanews/com May 20, 2019

    Pemkab Minut Peringatan Harkitnas Ke 111

    MINUT, Elnusanews-- Pemerintah kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 111 Tahun. Perayaan tersebut berlangsung di lapangan kantor bupati, Senin (20/5/2019)


    Dalam upacara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Piagam Penghargaan​ Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara kepada Kajari Rustiningsih SH​ MSi yang diserahkan langsung Sekda Ir Jimmy H Kuhu MA. Harkitnas tersebut 2019 mengambil tema Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan Untuk Persatuan.
    "Kami sangat mengapresiasi kinerja Kejari Minut yang sudah menyelamatkan keuangan negara beberapa waktu lalu, " ungkap Kuhu

    Dalam upacara tersebut
    Kajari Rustiningsih SH MSi bertindak sebagai inspektur upacara dengan komandan upacara Iptu Stanley Rimbing, Kapolsek Airmadidi dan diikuti TNI, Polri, Basarnas, Siswa, Aparatur Sipil Negara ( ASN).
    Selain itu juga hadir Ketua DPRD Berty Kapojos, Ketua PN Airmadidi, Sekretaris Daerah Ir Jemmy H Kuhu, MA serta undangan lainnya.


    Inspektur Upacara Rustiningsih SH MSi membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika​ RI​ Rudiantara mengatakan, dalam sumpah palapa ada teks yang tertulis Amukti Palapa dan para ahli sepakat, Amukti Palapa yang berarti sesuatu​ yang berkaitan dengan kesenangan diri Mahapatih Gajah Mada yang artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasnya sebelum mempersatukan Nusantara.

    Peringatan Harkitnas ke 111 Tahun, 20 Mei​ 2019 sangat relevan dengan teks sumpah palapa. Situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi dengan menginspirasikan pilihan yang berbeda dalam pemilu, namun semua pilihan kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan pemilu berjalan dengan baik dan lancar berkat pengorbanan yang mulia dari semua anak bangsa, untuk menjaga kelancaran dan kejujuran​ proses pemilu.

    Telah satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organiasasi Budi Oetomo.


    "Sangat relevan tema yang disematkan Bangkit Untuk Bersatu, Kebangkitan Untuk Persatuan. Bangsa ini adalah bangsa yang besar yang telah mampu menjaga semangat persatuan selama berabad-abadal, kuncinya adalah gotong royong. Gotong royong adalah​ pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, perjuangan bantu binantu bersama. Amal semua buat kepnlentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua," kata Irup membacakan amanat Menkoinfo RI.

    Dilanjutkan Rustiningsih, biarlah sekamangat persatuan tetap menyebar di seluruh nusantara, seperti ungkapan kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh daerah, suku adat dan budaya di Indonesia. Seperti pidato Presiden RI Joko Widodo, dari tanah Minang diimbau dengan petuah Barek somo dipikua, sagolek pangkek, dari Bumi Angin Mamiri, kita bersama-sama belajar Reso temma-ngingi namo lamo, naletei, pammase dewata, pepatah sunda Secangreud pageuh, sagolek pangkek, dari Bumi Gora kita diminta Bareng Bejukung, Bareng Bebosa, dari Benua Banjar kita bersama-bersama menjunjung Waja Sampai Keputing, semus menganjurkan bekerja secara gotong royong.

    " Sejatinya jiwa gotong royong bukanlah semangat yang sudah renta, sampai kapanpun semangat ini senantiasa relevan, bahkan semakin mendesak sebagai tuntutan zaman yang erat dengan berbagai​ perubahan,"​ tutup Rustiningsih. (Tommy)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemkab Minut Peringatan Harkitnas Ke 111 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top