• Berita Terbaru

    October 01, 2020

    elnusanews/com , October 01, 2020

    Ekspor Tuna Sulut ke Jepang Capai 6,144 Ton, Adam: Ini Ekspor Kedua dan Melibatkan 6 Perusahaan


    SULUT,Elnusanews - Jika sebelumnya dikirim 6,5 ton produk perikanan Sulawesi Utara (Sulut) ke Negara Jepang, Rabu (23/9/2020). Kali ini, kembali lewat Cargo Bandara Sam Ratulangi Manado diekspor sejumlah ikan dari Sulut.

    Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Tienneke Adam yang ikut menyaksikan pengiriman produk perikanan Sulut itu mengatakan untuk ekspor kedua ini dilibatkan enam perusahaan perikanan di Sulut.

    Sebanyak 6,144 ton Ikan Tuna segar, serta sample Lobster 20 Kg bersama Ikang Nila yang berjumlah hampir 200 kg.

    Khusus ikan Tuna, kata Adam, dikirim sesuai dengan permintaan buyer.

    “Memang memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya, pertama harus fresh artinya betul-betul ikan fresh dan great yang mereka minta harus great A. Kalau  yang great B+ plus saja itu tidak masuk,” jelas Adam.

    Oleh karenanya, agar ekspor perikanan Sulut meningkat, Adam meminta kepada para nelayan lebih mementingkan hasil tangkapan.

    “Sebenarnya jumlah atau banyaknya ikan itu nomor dua, tetapi yang lebih baik walaupun jumlahnya hanya sedikit tetapi kalau kualitas itu sangat baik atau fresh, maka harganya itu pasti sangat tinggi,” terang Adam.

    Birokrat cantik ini pun tak bosan-bosannya mendorong nelayan di Sulut untuk memperhatikan kualitas ikan yang ditangkap, lewat Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut. Namun, diakuinya karena adanya pandemi Covid-19, membuat instansinya sedikit batasi.

    “Memang cukup berpengaruh ini Covid. Tapi tidak membuat surut semangat kita, tetap di manapun dalam kegiatan apapun, kami selalu mengekspose kegiatan ini serta menyampaikan pada para nelayan agar jangan terfokus pada jumlah tangkapan namun lebih jauh harus selalu dapat mengutamakan kualitas tangkapan itu,” pungkasnya.

    (roker)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ekspor Tuna Sulut ke Jepang Capai 6,144 Ton, Adam: Ini Ekspor Kedua dan Melibatkan 6 Perusahaan Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top