• Berita Terbaru

    October 02, 2020

    elnusanews/com , October 02, 2020

    Kemenparekraf Sosialisasi MICE Berstandar Protokol Kesehatan di Sulut

    SULUT,Elnusanews – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, menggelar Wisata Sosialisasi Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) Standar Protokol Kesehatan bersama INACEB.

    Sosialisasi MICE yang tergelar di Novotel Manado, Jumat (2/10), dimaksudkan untuk sosialisasi panduan kesehatan pelaksanaan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

    Dalam rangka menghadapi tatanan kenormalan baru, khususnya pada sektor
    MICE, Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama dengan INACEB serta melibatkan masukan yang signifikan dari stakeholders MICE telah menyusun rancangan panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan pada penyelenggaraan kegiatan pertemuan, insentif, konvensi dan pameran atau MICE.
    Panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan pada kegiatan MICE ini menekankan pada penerapan prosedur standar pelaksanaan kegiatan MICE yang aturan teknis spesifiknya akan disesuaikan dengan panduan yang dibuat oleh Asosiasi dan Industri MICE sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Panduan ini merupakan panduan operasional dari Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan
    Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang diturunkan pada pelaksanaan kegiatan MICE di Indonesia.

    Ketentuan yang termuat dalam panduan ini juga mengacu pada protokol dan panduan yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia, World Health Organization (WHO), Travel & Tourism Council (WTTC) serta Asosiasi MICE nasional dan internasional seperti ICCA, UFI, AIPC, serta ASPERAPI.

    Setelah melaksanakan rangkaian proses evaluasi dan penyesuaian, saat ini panduan telah rampung dan siap untuk disosialisasikan kepada seluruh stakeholders MICE di destinasi destinasi MICE. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyamakan pemahaman mengenai isi panduan kepada stakeholders MICE sehingga panduan dapat dijalankan dengan sesuai pada saat pelaksanaan kegiatan MICE.

    Sosialisasi akan dilaksanakan di 9 destinasi MICE antara lain: Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Manado, Lombok, Banten (mewakili Jakarta),
    Semarang dan Batam. Rangkaian kegiatan akan dimulai dari tanggal 24 September 2020 s.d 9 Oktober 2020 dengan pembagian jadwal yang telah disesuaikan.

    Selain sosialisasi juga akan dilaksanakan kegiatan simulasi panduan dalam rangka meninjau secara langsung kesiapan destinasi untuk pelaksanaan kegiatan MICE. Simulasi akan dilaksanakan di beberapa objek di tiap destinasi dan akan dilakukan oleh tim media yang akan berpartisipasi dalam simulasi.

    Rizki Handayani, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan, mengharapkan dengan telah rampungnya panduan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan pada kegiatan MICE serta melalui kegiatan sosialisasi dan simulasi panduan ini, para
    stakeholders MICE dapat memiliki pemahaman yang sama akan pentingnya menjalankan protokol yang telah disusun dalam panduan, sehingga wisatawan MICE yang akan melaksanakan kegiatan MICE nya di Indonesia dapat merasa aman dan nyaman dan sektor MICE kembali siap dan mampu bangkit kembali untuk memacu pertumbuhan dan kreativitas yang lebih baik dari sebelumnya, dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE yang memiliki value proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia internasional.
    Sosialisasi panduan ini melalui beberapa rangkaian kegiatan yaitu Pemaparan
    Panduan CHSE MICE, Praktek/Simulasi dalam Kegiatan Mini Exhibition, dan Praktek atau Simulasi Perjalanan Insentif, yang kami lakukan secara bertahap di 9 kota, yaitu :
    Tanggal 24-25 September 2020 di Bandung, Jogja dan Medan
    Tanggal 1-2 Oktober 2020 di Surabaya, Menado dan Lombok
    Tanggal 8-9 Oktober 2020 di Semarang, Batam dan Jakarta.

    Sementara itu,Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan Industri Kreatif, Ricky Yoseph Pesik yang membuka secara resmi wisata sosialisaai MICE tersebut mengatakan kita ketahui bersama bahwa kita sedang dalam masa prihatin, Pandemi COVID-19 pertanggal 23 September 2020 jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air semakin bertambah, tercatat kasus positif virus Corona (Covid-19) 4.465 kasus.

    "Sehingga akumulasi sebanyak 257.388 orang, untuk itu kedisiplinan diri sendiri dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting dan tidak bisa dianggap biasa, mari Bersama Patuhi protokol Kesehatan. Dengan memperhatikan aktivitas MICE yang telah mulai aktif kembali, maka panduan pelaksanaan kegiatan MICE menjadi faktor yang sangat penting untuk dipersiapkan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, panduan ini merupakan panduan operasional dari Keputusan Menteri Kesehatan tentang Protokol Kesehatan bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus (COVID-19), yang diturunkan pada pelaksanaan kegiatan MICE di Indonesia. Ketentuan yang termuat dalam panduan ini juga mengacu pada protokol dan panduan yang telah ditetapkan Pemerintah Indonesia, World Health Organization (WHO)," bebernya.

    Lanjutnya, besar harapan kami, seluruh stakeholders MICE yang saat ini bergabung, untuk bersatu dan berkolaborasi memberikan new insights dalam penyempurnaan dan pemahaman substansi rancangan panduan Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan pada Kegiatan Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran (MICE) ini, sehingga sektor MICE kembali siap dan mampu bangkit kembali untuk memacu pertumbuhan dan kreativitas lebih baik dari sebelumnya, dan menjadkan Indonesia sebagai destinasi MICE yang aman, nyaman dan mempunyai
    Value Proposition yang dapat memenangkan persaingan di dunia Internasional.

    Mewakili Pemprov Sulut yang juga selaku Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara, Henry Kaitjily dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan wisata Sosialisasi MICE Berstandar Protokol Kesehatan yang di gelar oleh Kemenparekraf di daerah Sulawesi Utara (Sulut).

    "Atas nama pemerintah provinsi Sulawesi Utara (Sulut), bapak Gubernur dan jajaran mengucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf RI yang terus melaksanakan kegiatan di Sulawesi utara," cetusnya.

    Lanjut dia, kegiatan ini merupakan langkah untuk menunjang terus bertumbuhnya sektor pariwisata serta industri di Sulut sembari tetap menyesuaikan protokol Covid-19 di masa pandemi.

    "Kami dalam hal ini pak gubernur dan wakil gubernur beserta Pemprov Sulut akan terus mendukung program Kemenpanrekraf untuk mewujudkan pariwisata serta sektor industri makin dikenal," tutur Kaitjily.

    (ROKER)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kemenparekraf Sosialisasi MICE Berstandar Protokol Kesehatan di Sulut Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top