• Berita Terbaru

    May 24, 2021

    elnusanews/com May 24, 2021

    HUT Ke-14 Minahasa Tenggara,Sumendap: Hasil Yang Membuktikan Kita Hebat, Ini Prestasi Kita Semua Masyarakat MITRA


    Elnusanews,  Mitra -- Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Sulawesi Utara (Sulut) akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 pada 23 Mei 2021. Bupati Mitra, James Sumendap menyatakan berbagai prestasi yang dicapai merupakan hasil kerja keras seluruh pihak.

    “Hasil yang membuktikan Minahasa Tenggara hebat. Terima kasih untuk kesekian kalinya. Berkat doa dan kerja keras kita semua,” kata James dalam keterangannya, Minggu, (21/5/2021).

    Pada 4 Mei 2021, Pemerintah Kabupaten (pemkab) Mitra meraih penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas opini wajar tanpa pengecualian (WTP). James berterima kasih kepada seluruh jajaran pemerintahan dan masyarakat Mitra yang terus mendukung program pemkab.

    Pemkab Mitra telah enam kali secara berturut-turut mendapatkan opini WTP. Pada September 2020, Menteri Keuangan (menkeu) Sri Mulyani menyampaikan penghargaan dari pemerintah pusat terkait keberhasilan Pemkab Mitra tersebut.

    Penghargaan dari pemerintah pusat yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada (22/9/20), diberikan berdasarkan keberhasilan Pemkab Mitra atas opini WTP lima kali berturut-turut dari BPK dalam pelaporan keuangan tahun 2015-2019.

    “Terima kasih kepada seluruh pejabat, pegawai serta pihak legislatif yang sudah bekerja keras mempertahankan keberhasilan dalam sistem pengelolaan keuangan daerah,” ucap James yang dijuluki sebagai Bapak Pembangunan oleh warga Mitra.
    James menuturkan pertumbuhan ekonomi pada 2021 dibanding periode sebelumnya memang mengalami penurunan dari 6,03 menjadi -0,64. Angka pengangguran meningkat sedikit dari 13,18 menjadi 13,31. Namun, angka kemiskinan mengalami penurunan dari 12,78% menjadi 12,30%.
    James mengatakan dampak pandemi Covid-19 begitu besar dalam sektor ekonomi. Situasi pandemi, menurut politikus PDI Perjuangan tersebut, tentu harus dihadapi. Ditegaskan, Pemkab Mitra berkomitmen untuk terus berupaya mengatasi dampak pandemi.

    “Ini situasi yang cukup berat, pemerintah terus berupaya mendorang semua lapisan untuk bekerja sama untuk keluar dari situasi sulit pandemi Covid-19. Kolaborasi, kerja keras dan tanggung jawab bersama adalah kunci,” ucap James.

    James berasal dari keluarga petani Modoinding, Minahasa Selatan (Minsel). Pria kelahiran Minahasa, 4 Januari 1969 tersebut dikarunia dua orang anak, yakni Sabrina Sarah Sumendap dan Peter Harry Daniel Sumendap.

    Bagi masyarakat Mitra, James dianggap sukses membawa daerahnya agar sejajar dengan kabupaten/kota, khususnya di Sulut. Mantan Duta Besar RI untuk Filipina, Letjen (Purn) Johny Lumintang menyatakan Mitra banyak mengalami kemajuan.

    Hal yang sama disampaikan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menyatakan peningkatan infrastruktur di Mitra benar-benar konkret. Menurut Olly, kemajuan yang signifikan di Mitra, tentu bukti komitmen James sebagai bupati.

    Terkait menurunya angka kemiskinan, Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Akmal Malik mengapresiasinya. Menurut Akmal, tidak mudah bagi kabupaten/kota di Indonesia mampu menekan angka kemiskinan, apalagi di tengah kondisi pandemi.

    “Sangat luar biasa jika ada kabupaten atau kota di Indonesia mampu menekan angka kemiskinan di tengah situasi pandemi Covid-19. Minahasa Tenggara sudah membuktikannya. Pemerintah pusat berharap pengelolaan birokrasi saat ini harus lebih inovatif, efisien dan produktif,” kata Akmal

     

    (Jhos)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: HUT Ke-14 Minahasa Tenggara,Sumendap: Hasil Yang Membuktikan Kita Hebat, Ini Prestasi Kita Semua Masyarakat MITRA Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top