• Berita Terbaru

    May 21, 2021

    elnusanews/com May 21, 2021

    Sandra Rondonuwu Nilai RPJMD Gubernur Sulut Tahun 2021-2026 Bisa Wujudkan Mimpi Sam Ratulangi

     


    DEPROV,Elnusanews -- Anggota Pansus rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov Sulut 2021-2026, Sandra Rondonuwu menilai RMJPJD ODSK bakal wujudkan mimpi Sam Ratulangi.

    “Saya membaca RPJMD  sebagai penjabaran dari visi misi ODSK 2021-2026. ketika membaca dengan cermat berarti inilah perwujudtan yang akan dilakukan oleh Olly Dondokambey terhadap mimpi Om Sam Ratulangi. Jadi Olly Dondokambey mampu berpikir kedepan mampu berpikir bagaimana menjadikan Sulut sebagai daerah yang hebat dan luar biasa dikawasan pasifik  indonesia timur. Seperti kata om sam rat langi, cita-citaku sampai di gunung klabat tapi sayang kakiku hanya sampai di airmadidi, maka ditangan Olly Dondokambey Sulut mampu menjadi daerah yang sebagaimana harapan om sam ratulangi, membawa sulut lebih hebat di kawasan asia pasifik,”ujar Rondonuwu, Jumat (21/05).

    Srikandi Banteng ini mengaku sangat tertarik dengn Isu utama dari RPJMD ini yaitu tentang Sulut menjadi super Hub di Kawasan indonesia timur.

    “Super Hub itukan adalah program untuk meningkatkan status Bandara maupun pelabuhan yang melayani penerbangan atau jalur eksplor langsung kenegara-negara tujuan internasional. Konsekuensi dari itu adalah akan menarik semua potensi yang ada di wilayah Sulut, maupun disekitar kita untuk kemudian itu akan menjadi potensi yang harus dikembangkan di daerah kita ini,”tandas Saron.

    Dirinya mendorong supaya misalnya dibidang pertanian harus ada wilayah-wilayah yang ditetapkan untuk menjadi wilayah pertanian organik karena dibutuhkan oleh negara lain dari kita adalah pertanian-pertanian organik bahkan sampai ricapun misalnya jepang meminta dari kita supaya harus organik,bawang merah harus organik,wortel atau kentang pokoknya semua itu harus organik.

    “Kemudian kita juga melihat bagaimana tentang jalur perdagangan, kan sudah di buka penerbangan ke jepang,korea dan sebagainya. oleh karena itu harus juga di dorong supaya hasil-hasil produksi kita yang di bawah kesana itu memang dari Sulut lalu langsung dibawah kenegara-negra teraebut, tidak lagi harus dari Sulut ke surabaya atau ke probinsi lain, itu memakan waktu yang cukup lama, sementara  jarak tempuh kita dari Sulut menuju kenegara2 tersebut adalah sangat singkat,“tegas politisi Dapil Minsel-Mitra itu.

    “inilah yang saya dorong kepda pemerintah untuk segera melakukan trobosan-trobosan melihat simpul mana yang harus kita segera melakukan langkah-langkah yang lebih optimal lagi dan kemudian juga  saya lihat tentang transformasi digital di sulut kan sudah disebut-sebut dengan cyber provins artinya pemerintah harus mengimplementasikan teknologi informasi dan aspek pelaksanaan tersebut.

    yang saya lihat kita punya peluang pasifik Cabelike network yang seharusnya ini sudah harus disambungkan dengan palapa ring, oleh karena itu harus memikirkan agar infrastruktur percepatan tranformasi digital itu segera harus ada, sambungan kabel laut pasifik dengan palapa ring itu terkoneksi, jika terkoneksi akan menjadi provinsi dengan internet tercepat di indonesia. jadi sulut bisa menjadi backbon data centre di indonesia jadi visi misi bapk olly dondokambey dan steven kandouw dan transformasi digital itu harus memang di pahami karena ini sangat penting, dan yang akan bawa indonesia, yang akan membawah sulut untuk berada, atau terdepan di kwasan asia pasifik,”pungkas Rondonuwu. (RaKa)
    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sandra Rondonuwu Nilai RPJMD Gubernur Sulut Tahun 2021-2026 Bisa Wujudkan Mimpi Sam Ratulangi Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top