• Berita Terbaru

    May 07, 2021

    elnusanews/com May 07, 2021

    Pilkades di Minahasa Tergantung Perkembangan Covid-19


    MINAHASA, Elnusanews - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Minahasa belum ada waktu yang pasti kapan pelaksanaannya. Meski begitu Bupati Minahasa Dr Ir Royke O Roring menegaskan Pilkades/Pilhut  ini akan tetap dilaksanakan tahun ini.

    “Yang pasti pilkades/pilhut di 103 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa tahun ini kita akan laksanakan. Tapi tergantung perkembangan Covid -19,” kata Bupati ROR saat coffee morning bersama wartawan Minahasa, di Aula Tenis Indoor Sasaran, Tondano, Jumat 7/5/2021.

    Bupati ROR juga mengatakan, apabila  perkembangan Covid-19 terus meningkat mau tidak mau pesta demokrasi di tingkat Desa ini belum bisa dilaksanakan. 

    Menurutnya, Pilkades berbeda dengan Pilpres, dimana untuk mengendalikan masa ditingkat Desa akan mengalami kesulitan, dan ini nantinya akan berpotensi terjadi kenaikan kasus jika kita paksakan. 

    Dia berharap perkembangan kasus Covid-19 di Minahasa mengalami penurunan atau zero kasus, sehingga pelaksanaan Pilhut bisa terlaksana. “Dan rencananya Pilhut akan dilaksanakan Juni atau Juli mendatang,” ujarnya.

    Dijelaskan ROR, pilhut dan pemilu sangatlah berbeda apalagi dimasa pendemi. “Pilhut bisa menyebabkan terjadinya perkumpulan massa di rumah salah satu calon. Ini bisa berpotensi terjadinya penyebaran Covid-19. 

    Sedangkan Pemilu, menurutnya massa tidak tidak terfokus pada salah satu calon. “Untuk Pilhut, pasti calon tidak bisa melarang pendukungnya untuk datang ke rumahnya. Sedangkan Pemilu, pendukungnya terbatas untuk berkumpul,” jelas ROR.

    Dikatakan pula, bahwa pemerintah tidak ingin menunda-nunda pelaksanaan Pilhut tahun 2021. “Jadi, saya tegaskan lagi bahwa pemerintah tidak akan menunda pelaksanaan Pilhut tahun ini. Tapi kita harus melihat perkembangan Covid-19 yang ada di Minahasa,” pungkasnya. 


    (Jonly bamz)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pilkades di Minahasa Tergantung Perkembangan Covid-19 Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top