• Berita Terbaru

    May 22, 2021

    elnusanews/com May 22, 2021

    Istri Gubernur Pertama Sulut Terbaring Sakit di RSUD Walanda Maramis. Jems Tuuk Imbau Pemprov Sulut Beri Perhatian Serius Kepada Ibu NZ Tumbelaka- Ticoalu

    DEPROV,Elnusanews --- Istri Gubernur Pertama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Ibu NZ Tumbelaka- Ticoalu saat ini terbaring sakit dan tengah dirawat secara intensif di RSUD Walanda Maramis, Minahasa Utara. Sabtu (22/05/21) sore.

    Menurut penuturan putra dari Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu yakni Taufik Tumbelaka, ibunda NZ Tumbelaka-Ticoalu masuk UGD pada Kamis 20 Mei 2021 malam setelah sebelumnya menderita sesak nafas dan hipertensi yang mengakibatkan Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu harus dirujuk ke RSUD Walanda Maramis, 

    "Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu (Red- Kamis malam) sekitar pukul 19.00 wita masuk RS di ruang UGD karena sesak nafas, dan darah tinggi itu sampai jam 12.00 wita. Kurang lebih satu malam lebih berada di UGD lalu dipindahkan ke ruang observasi hal ini dilakukan untuk mencaritahu apa penyakitnya," jelas Tumbelaka, saat dihubungi wartawan, Sabtu (22/05/21) sore.

    Hal ini pun mendapat perhatian serius dari anggota DPRD Provinsi Sulut Ir Julius Jems Tuuk. Tuuk yang dihubungi oleh wartawan dengan tegas menghimbau kepada pemerintah provinsi Sulut lewat dinas terkait agar dapat memberikan perhatian serius terhadap kondisi kesehatan dari Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu.

    "Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu sudah berusia 83 tahun, beliau saat ini sedang terbaring sakit di RSUD Walanda Maramis Minut dan sedang diopname. Saya menghimbau kepada Pemprov Sulut khususnya dinas terkait seperti dinas kesehatan ataupun protokoler agar supaya dapat mengurus keberadaan ibu mantan gubernur pertama Sulut tersebut," tegasnya.

    Politisi PDIP ini juga mengatakan, jika memungkinkan Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu dapat dirawat di rumah berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, kiranya standart pelayanan kesehatan juga harus memadai, paling tidak standarnya pelayanannya harus sama dengan yang ada di rumah sakit.

    "Kalau bisa, jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter bisa dirawat dirumah, sebaiknya dirawat di rumah saja karena mengingat diusia 83 tahun itu sangat rentan, alih alih bukannya bawa di rumah sakit akan sembuh takutnya malah akan lebih sakit.  Otomatis dengan standart pelayanan yang sama dengan di rumah sakit, seperti harus ada dokter khusus yang melakukan pengecekan setiap saat, juga harus ada perawat yang bisa mendampingi," tandas Tuuk, sembari mengingatkan kembali kepada pemprov sulut khususnya dinas terkait supaya dapat memperhatikan hal ini karena meski bagaimanapun juga beliau itu Ibu gubernur pertama Sulut.

    Tuuk juga tak lupa berterima kasih dan apresiasi kepada dr. Rini Tumuntuan selaku Kadis Sosial Provinsi Sulut yang sudah menjenguk Ibu  N Z Tumbelaka Ticoalu.

    Seperti yang diketahui, Ibu NZ Tumbelaka-Ticoalu bukan hanya istri gubernur pertama Sulut dan ketua DPRD Pertama Sulut, akan tetapi beliau juga ikut andil sebagai pelaku sejarah dimana banyak yang tidak mengetahui bahwa beliau juga merupakan tokoh utama penyelesaian pergolakan Permesta di Sulut, dimana beliau juga termasuk salah pelaku penyelesaian pergolakan Permesta, yang saat itu mendapatkan penghargaan khusus dari Pangdam XIII / Merdeka, Brigjen Soenandar Pridjosoedarmo. (RaKa)

    • Comments
    • FB Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Istri Gubernur Pertama Sulut Terbaring Sakit di RSUD Walanda Maramis. Jems Tuuk Imbau Pemprov Sulut Beri Perhatian Serius Kepada Ibu NZ Tumbelaka- Ticoalu Rating: 5 Reviewed By: elnusanews/com
    Scroll to Top